CEO & Co Founder Akseleran Ivan Nikolas Tambunan (kanan). (FOTO: Medcom.id)
CEO & Co Founder Akseleran Ivan Nikolas Tambunan (kanan). (FOTO: Medcom.id)

Akseleran Bidik 1.000 UKM hingga 2019

Ekonomi Akseleran
Ade Hapsari Lestarini • 22 Maret 2019 11:32
Jakarta: Perusahaan technology financial (fintech), PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) berencana bisa merangkul 500-1.000 Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga akhir 2019.
 
"Saat ini ada sekitar 150 UKM di Akseleran. Penerima pinjaman ada dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, ada juga Kalimantan, Sumatera, Maluku," kata CEO & Co Founder Akseleran Ivan Nikolas Tambunan, saat berkunjung ke Redaksi Medcom.id, Kamis, 21 Maret 2019.
 
Adapun saat ini sektor yang mendominasi yakni pertambangan, minyak dan gas, general trading, reparasi tangki migas, trading batu bara, hingga periklanan. Sektor-sektor ini memiliki pendapatan sekitar Rp500 juta sampai Rp1 miliar per bulan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan itu masih ada funding gap, mereka masih tetap tidak terjamah sama bank, mereka terjamah untuk hak guna dan bangunan misalnya," tambah dia.
 
Sementara ke depannya, lanjut dia, tidak hanya UKM skala besar saja, Akseleran juga membidik UKM skala kecil mulai dari Rp1,5 juta melalui ekosistem partner e-commerce melalui Bukalapak dan Tokopedia.
 
"Semua sekarang berbasis data, kita bukan tidak mau dukung usaha kecil, tapi mereka tidak ada data," tuturnya.
 
Selain itu, tambah Ivan, saat ini pembiayaan paling rendah di Akseleran berada di kisaran Rp15 juta. "Kebanyakan mereka berjualan handphone, aksesoris mobil, fesyen, tas," jelasnya.
 
Dia menjelaskan untuk batas pinjaman berada di atas 20 persen dari omzet atau gross merchandise value (GMV) perusahaan. Adapun non performing loan (NPL) Akseleran berada di level 0,44 persen dengan lender sebanyak 75 ribu.
 
Akseleran adalah peer-to-peer lending platform di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan kumpulan pemberi pinjaman yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.
 
Selain akses permodalan kepada pelaku usaha dengan suku bunga yang kompetitif dan fleksibilitas dalam tenor pinjaman, model pembayaran, serta penyertaan agunan, Akseleran juga membuka alternatif peluang pemberian pinjaman kepada masyarakat Indonesia untuk memperoleh imbal hasil yang menarik dan sepadan dengan risiko yang ada.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif