Illustrasi. MI/Ramdani.
Illustrasi. MI/Ramdani.

OJK Imbau Perbankan Bijak Salurkan Kredit

Ekonomi ojk perbankan
Nia Deviyana • 02 Januari 2019 17:19
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan yang positif dari penyaluran kredit perbankan sepanjang 2018 yakni sebesar 12,45 persen. Kendati demikian, OJK berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi terhadap kinerja perbankan, terutama dalam hal penyaluran kredit.
 
"2019 kita berharap pertumbuhannya lebih bagus. Tapi yang mau kita dorong tahun ini adalah supaya bank lebih bijak dalam menyalurkan kredit," ujar Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Heru Kristiyana di Kompleks Perkantoran Bank Indonesia (BI), Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019.
 
Meski pertumbuhan kredit baik, tambah dia, ada bank-bank yang tetap harus menekan target pembiayaan agar tetap sehat. "Kalau sumber dananya oke, bank-nya sehat, maka kita akan dorong untuk cepat tumbuh. Tapi kalau sumber dananya pas-pasan, agak di rem dikit dong, Anda utamakan dulu kesehatanmu," kata dia.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun tingkat Non Performing Loan (NPL) atau kredit macet pada 2018 ditutup pada angka 2,2 persen (gross) dan 1,1 persen (nett). "Ini sangat bagus ya, sangat jauh dari threshold," tambah Heru.
 
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso sebelumnya mengungkapkan penyaluran kredit menggeliat di tahun ini lantaran pihaknya mendorong industri perbankan untuk menggarap sektor-sektor prioritas. Beberapa di antaranya adalah sektor pariwisata, kelapa sawit, properti, hingga batu bara.
 
"Sektor pariwisata kita kasih insentif sampai ada KUR (Kredit Usaha Rakyat) Klaster berkaitan dengan pariwisata. Kemudian infrastruktur dibangun dan didorong untuk memberikan konektivitas untuk turis destination," bebernya.
 
Menurutnya, kondisi tersebut memberikan kepercayaan bagi dunia usaha untuk mengembangkan bisnis ke depan. "Kita juga akan masuk ke nelayan dan sektor agrikultur lainnya," ungkap Wimboh.
 


 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif