Paviliun Indonesia di Pameran Produk Makanan Impor Harbin (HIFE), Tiongkok, pada 5-7 Januari 2019. (ANTARA News/M Irfan Ilmie)
Paviliun Indonesia di Pameran Produk Makanan Impor Harbin (HIFE), Tiongkok, pada 5-7 Januari 2019. (ANTARA News/M Irfan Ilmie)

Produk Indonesia Mulai Rambah Timur Laut Tiongkok

Ekonomi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia
08 Januari 2019 13:02
Beijing: Sejumlah produk unggulan Indonesia sudah mulai merambah wilayah timur laut Tiongkok setelah dipajang di Pameran Makanan Impor Harbin (HIFE) pada 5-7 Januari 2019. Produk-produk Indonesia yang dipamerkan di Ibu Kota Provinsi Heilongjiang itu berupa kopi, mi instan, biskuit, kerupuk udang, dan sarang burung walet sekaligus produk turunannya.
   
"Ini menandai awal tahun yang bagus. Produk kita makin dikenal luas masyarakat sini," kata Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Djauhari Oratmangun, seperti dikutip dari Antara, di Beijing, Selasa, 8 Januari 2019.
        
Pameran tersebut diiktuti sekitar 200 perusahaan dari 16 negara di Eropa dan Asia, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam. "Paviliun Indonesia mengambil lokasi di jalur utama pameran ramai pengunjung," demikian pernyataan Dubes.
    
Di sela-sela pameran, juga digelar "Forum One Belt, One Road International Food Summit" yang memberikan kesempatan kepada Dubes Djauhari sebagai salah satu pembicara.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes juga bertemu beberapa perwakilan dari Pemerintah Kota Harbin, Badan Promosi dan Perdagangan Internasional China (CCPIT) Cabang Harbin, CCPIT Wilayah Provinsi Jilin, dan Asosiasi Pangan China (CFA).
    
"Pertemuan dengan mereka sebagai bagian dari penjajakan kerja sama," kata mantan Dubes RI untuk Rusia itu.
    
Tidak ketinggalan, Dubes juga menemui beberapa mahasiswa asal Indonesia yang melanjutkan studi di bidang kehutanan, lingkungan hidup, teknologi, kedokteran, dan Bahasa Mandarin di kota wisata musim dingin itu.
    
Kepada mereka Djauhari berpesan agar tekun belajar, taat hukum, dan menggunakan hak konstitusinya sebagai warga negara Indonesia pada Pemilu 2019 tiga bulan mendatang.


(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi