Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah.

Sri Mulyani Wanti-Wanti Pemda Soal Transfer Dana Desa

Ekonomi dana desa
Eko Nordiansyah • 14 November 2019 16:23
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mewanti-wanti pemerintah daerah (pemda) untuk benar-benar mengelola dana yang ditransfer oleh pemerintah pusat. Terlebih setelah munculnya kabar soal desa fiktif yang tidak berpenghuni yang mendapatkan dana desa.
 
Sri Mulyani mengatakan, pihaknya akan memverifikasi jumlah desa yang ada bersama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).
 
"Tentu dari pemda akan terus melakukan juga verifikasi sehingga kita juga bisa melihat apakah memang legitimated yang kita transfer itu," kata dia usai Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2020 di Gedung DJP, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, untuk mengidentifikasi desa fiktif atau tidak cukup mudah. Kriteria wilayah bisa dikatakan desa jumlah penduduknya adalah mencapai 5.000 jiwa untuk di Jawa dan bisa lebih rendah lagi jika di luar Jawa.
 
"Kalau di luar Jawa ada yang 2.000, ada yang 3.000, yang di (Indonesia) timur lebih sedikit lagi. Tapi enggak ada yang lebih kecil di bawah seribu. Jadi kalau ada desa yang jumlah penduduknya di bawah 100 itu kan berarti kan bukan desa," jelas dia.
 
Meski begitu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengakui sangat mungkin ada perubahan letak desa karena faktor bencana alam dan sebagainya. Namun saat ini jumlah desa yang ada di Indonesia bisa mencapai 74 ribu desa.
 
"Jumlah desa kan sekitar 74 ribu, tapi berapa poin naiknya, berapa ratus, itu ada di daerah mana itu kan berasal dari Kemendagri. Itu Kemendagri dapat dari pemda, yang kemudian harus diverifikasi, berapa masing-masing jumlahnya di kabupaten/kota," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif