Ilustrasi para pencari lapangan kerja. Foto: dok MI/Bary.
Ilustrasi para pencari lapangan kerja. Foto: dok MI/Bary.

Draf UU Cipta Lapangan Kerja Rampung Desember

Ekonomi lapangan pekerjaan Omnibus Law
Desi Angriani • 11 November 2019 21:29
Jakarta: Pemerintah merampungkan draf UU Cipta Lapangan Kerja pada Desember mendatang. UU tersebut merupakan beleid omnibus law yang melebur berbagai aturan perizinan dan investasi. Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan draf omnibus law itu dikebut agar masuk dalam Prolegnas 2020.
 
"Omnibus ini dimasukkan dalam prolegnas 2020 dan kemudian pemerintah melanjutkan koordinasi agar di Desember ini draf dan naskah akademik bisa diselesaikan," ujar Airlangga di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 11 November 2019.
 
Airlangga mengungkapkan naskah akademik dan konten omnibus law tersebut sudah disepakati dalam rapat di Kantor Presiden. Kini, pemerintah tinggal merampungkan draf tersebut menjelang akhir tahun.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang naskah akademik sudah selesai dan kontennya sudah sebagian besar disepakati dalam rapat kemarin," imbuh dia.
 
Selain itu, omnibus law akan mengatur UU Cipta Lapangan Kerja dalam basis perdata. Pemerintah tidak akan menggeser paradigma ekosistem investasi itu menjadi berbasis pidana.
 
"Karena itu pengenaan sanksinya akan terus didorong terkait perdata," pungkas dia.
 
Adapun usulan mengenai UU Cipta Lapangan Kerja disampaikan Jokowi dalam pidato pelantikan presiden dan Wakil Presiden, Minggu 20 Oktober lalu.
 
Pembentukan UU Cipta Lapangan Kerja akan berbarengan dengan pembentukan UU Pemberdayaan UMKM. Dua regulasi tersebut akan menggunakan konsep Omnibus law, yaitu satu UU yang sekaligus mengamandemen puluhan UU.
 
"Pemerintah akan mengajak DPR untuk menerbitkan dua undang-undang besar. Pertama, UU Cipta Lapangan Kerja," ujar Jokowi.
 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif