NEWSTICKER
Demo buruh di depan DPR/MPR. FOTO: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon.
Demo buruh di depan DPR/MPR. FOTO: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon.

Sri Mulyani Imbau Pedemo Tertib dan Tak Anarkistis

Ekonomi Demo Buruh Demonstrasi Mahasiswa
Desi Angriani • 02 Oktober 2019 13:22
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani mengimbau para pengunjuk rasa berlaku tertib dan tidak anarkistis. Demonstrasi merupakan hak konstitusi warga negara dengan aturan yang sudah sepakati.
 
"Saya berharap semua elemen masyarakat, apa pun pandangan dan perbedaannya, semuanya disampaikan dalam satu koridor yang tertib, yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan," kata Ani sapaannya ditemui di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 2 Oktober 2019.
 
Menurutnya segala perbedaan pendapat dan pandangan wajar karena Indonesia merupakan negara demokrasi. Namun, proses penyampaian eskpresi, aspirasi, dan pandangan politik mesti diwadahi secara damai agar tidak merusak fasilitas publik.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semuanya tetap diwadahi dalam proses ekspresi, aspirasi, politik yang baik, yang tidak anarkistis, tidak merusak karena ini milik kita bersama. Apapun yang kita rusak, itu merusak diri sendiri," imbuh dia.
 
Sejak beberapa hari terakhir demonstrasi terjadi di sejumlah kota di Indonesia termasuk ibu kota Jakarta. Aksi unjuk rasa tersebut melibatkan berbagai kalangan masyarakat di antaranya, mahasiswa, pelajar, dan buruh.
 
Mereka menolak pengesahan Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP). Mereka juga tak terima RUU Perubahan UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan dikukuhkan karena melonggarkan hukuman bagi koruptor.
 
Selain itu, massa meminta RUU Perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah disahkan, dibatalkan.
 
Massa aksi terus mendatangi depan Gedung DPR/MPR RI, Istana Kepresidenan Jakarta serta beberapa gedung kementerian/lembaga. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Jakarta ditutup maupun dialihkan. Bahkan jalur KRL dan busway juga terganggu.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif