BTN mempercepat penyelesaian dokumentasi kredit debitur. FOTO: dok BTN.
BTN mempercepat penyelesaian dokumentasi kredit debitur. FOTO: dok BTN.

BTN Percepat Penyelesaian Dokumentasi Kredit Debitur

Ekonomi btn
Ade Hapsari Lestarini • 16 Oktober 2019 18:29
Jakarta:PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk meluncurkan aplikasi berbasis website e-Mitra Operation untuk meningkatkan kualitas kredit dan layanan kepada debitur, khususnya debitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR).
 
Lamanyang dapat diakses melalui situs https://emitra.btn.co.id tersebut merupakan wujud komitmen perseroan dalam melakukan percepatan penyelesaian dokumentasi kredit. Laman e-Mitra ini berfungsi sebagai alat penunjang kerja sama dengan mitra, mulai dari pengajuan permohonan, monitoring hingga evaluasi atas kinerjanya. Salah satu mitra BTN dalam hal ini adalah para Notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).
 
"Dengan adanya website, akan memudahkan koordinasi dengan rekanan Notaris/PPAT dalam hal pemenuhan komitmen oleh Notaris/PPAT guna menyelesaikan dokumentasi kredit/pembiayaan para debitur BTN sekaligus memberikan standarisasi sistem serta bentuk transparansi proses, prosedur, tugas, dan wewenang maupun peran masing-masing dalam setiap proses kesepakatan perjanjian," kata Plt Direktur Utama BTN Oni Febriarto Rahardjo saat meluncurkan website e-Mitra Operation di Jakarta, seperti dikutip dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 16 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oni juga berharap setelah implementasi e-Mitra Operation, pelaksanaan kerja sama dengan rekanan perkreditan/pembiayaan BTN khususnya Notaris/PPAT akan semakin baik, distribusi pekerjaan akan merata dan penyelesaian komitmen Notaris/PPAT akan termonitor dengan tertib, sehingga Notaris/PPAT Rekanan dapat lebih fokus dalam menyelesaikan dokumen yang menjadi tanggung jawabnya dan komitmen BTN dalam memberikan layanan prima pada debitur bisa tercapai.
 
Sementara itu Direktur IT & Operation BTN Andi Nirwoto menambahkan laman tersebut merupakan salah satu bentuk digitalisasi dan transformasi dalam sistem perbankan di BTN untuk menunjang bisnis utamanya.
 
"Nantinya web e-Mitra Operation diperuntukkan bagi rekanan penunjang perkreditan/pembiayaan seperti halnya Notaris/PPAT, KJPP, KAP, Konsultan Pengawas, Perusahaan Asuransi dan Balai Lelang, namun untuk saat ini web tersebut baru mengakomodir kerja sama dengan Notaris/PPAT," jelas Andi.
 
Setelah diluncurkan, BTN akan melakukan sosialisasi penggunaan web e-Mitra Operation dengan Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah dan Ikatan Notaris Indonesia agar dapat dimanfaatkan dengan baik.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif