Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman hingga Kuartal I-2020. Foto Ilustrasi: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.
Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman hingga Kuartal I-2020. Foto Ilustrasi: Medcom.id/Muhammad Syawaluddin.

Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman hingga Kuartal I-2020

Ekonomi tuan rumah pon 2020 berita kementan
Eko Nordiansyah • 18 Desember 2019 20:00
Jakarta: Pemerintah menjamin ketersediaan stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 tetap aman. Bahkan Kementerian Pertanian (Kementan) mengaku ketersediaan stok bahan pangan tetap mencukupi sampai dengan tiga bulan pertama tahun depan.
 
"Bahan pangan dilihat aman dari Natal dan Tahun Baru sampai dengan Maret-April (2020)," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 18 Desember 2019.
 
Menurut dia, pemerintah ingin memastikan ketersediaan stok pangan tidak hanya beras tetapi juga daging, ayam, sampai dengan gula kepada kementerian terkait. Meskipun stok bisa dipastikan aman, namun pemerintah tetap waspada jelang akhir tahun ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Khususnya pada gula yang memang secara nasional kita belum sepenuhnya mampu memenuhi kebutuhan nasional. Daging juga menjadi masalah yang akan tetap kita tentu memberikan perhatian," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, hasil evaluasi dari kementerian terkait memastikan stok 10 bahan pangan tetap mencukupi untuk kebutuhan nasional. Oleh karena itu, pemerintah belum membuka peluang impor bahan pangan jelang akhir tahun sampai kuartal I-2020.
 
"Secara umum 10 bahan dasar itu saya nyatakan cukup aman dengan stok yang sudah ada. Oleh karena itu, kebutuhan impor bukan berarti tidak dibuka atau dimungkinkan, tapi untuk sementara bagi Kementan sampai dengan Maret-April masih cukup," ungkapnya.
 
Sementara itu, Perum Bulog memastikan stok pangan, khususnya beras tetap mencukupi. Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso menyebutkan, pihaknya juga bersiap untuk penyerapan beras nasional di masa panen mendatang.
 
"Yang jelas pasti kita menyiapkan untuk Natal dan tahun baru, yang penting siap. Ke depan kita akan menyiapkan evaluasi dari pada produksi panen, nanti penyerapannya bagaimana," pungkasnya.
 

 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif