Menteri BUMN Rini Soemarno (MI/SUSANTO)
Menteri BUMN Rini Soemarno (MI/SUSANTO)

Direksi BUMN Bakal Jalani Tes Urine

Ekonomi bumn kementerian bumn
Suci Sedya Utami • 01 Maret 2019 07:46
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan tes narkoba termasuk cek urine bagi para direksi dan komisaris perusahaan pelat merah.
 
Dalam acara rapat koordinasi BUMN 2019 yang juga dihadiri oleh Kepala BNN Komjen Heru Winarko, Rini menyampaikan komitmen agar jajaran BUMN harus bersih dari narkoba. "Ini komitmen saya dengan BNN, direksi, dan komisaris BUMN harus tes narkoba, tes urine," kata Rini, dI JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 28 Februari 2019.
 
Sementara itu, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan sebelumnya tes semacam ini pernah dilakukan. Namun saat ini dilakukan secara lebih masif. Menurut dia hal ini dilakukan bukan karena ada jajaran BUMN yang terkena narkoba namun lebih ditujukan untuk antisipasi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian BUMN pun saat ini masih menjalin komunikasi terkait tes tersebut. "Kita mau melakukan tes urine untuk semuanya supaya kita enggak ingin terkontaminasi," jelas Imam.
 
Sebagai informasi, BNN saat ini memang tengah giat mengerjakan kerja sama dengan sejumlah kementerian dan lembaga untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan narkoba. Salah satu kerja sama yang telah disepakati yakni dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).
 
Kerja sama tersebut dikukuhkan dalam penandatangan nota kesepahaman (MoU) terkait program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).
 
Kerja sama kedua lembaga meliputi penyebarluasan informasi, pertukaran data dan informasi, pemanfaatan sarana dan prasarana, peningkatan kapasitas sumber daya manusia, serta berbagai kegiatan yang telah disepakati oleh keduanya.
 
Selain itu, kerja sama juga melingkupi deteksi dini atas penyalahgunaan narkotika di lingkungan Kementerian ESDM dan peningkatan peran serta sebagai relawan dan penggiat anti-narkoba serta agen pemulihan.
 
Penandatanganan nota kesepahaman antara BNN dan Kementerian ESDM ini dilaksanakan guna menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2018 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika di 2018–2019.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif