Presiden Joko Widodo memberikan tips mengembangkan usaha ke para ibu-ibu di Bekasi. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)
Presiden Joko Widodo memberikan tips mengembangkan usaha ke para ibu-ibu di Bekasi. (FOTO: Medcom.id/Suci Sedya Utami)

Tips Jokowi untuk Mengembangkan Usaha

Ekonomi jokowi dunia usaha
Suci Sedya Utami • 25 Januari 2019 19:47
Bekasi: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ilmu tentang berwirausaha pada ibu-ibu nasabah atau anggota program membina ekonomi keluarga sejahtera atau Mekaar di Bekasi, Jawa Barat. Kata kuncinya adalah jujur, disiplin, dan kerja keras.
 
Menurut Jokowi, kedisiplinan penting karena anggota Mekaar dibina dan dimodali oleh PT Permodalan Nasional Madani (Persero/PNM). Sebelum menghasilkan untung, jangan membelanjakan modal untuk hal lain. Sebab, mereka harus mengembalikan modal itu.
 
Jokowi mencontohkan, bila ibu-ibu ingin membeli make up, uangnya harus diambil dari hasil keuntungan usaha. Bukan dari uang pinjaman pokok. Selain itu, tambah Jokowi, anggota juga harus disiplin menyisihkan keuntungan untuk membayar cicilan pinjaman.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya titip digunakan betul-betul uangnya," kata Jokowi di Alun-Alun Bekasi, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Jokowi menambahkan, untuk menuju kesuksesan seseorang juga harus jujur. Dia yakin, apabila anggota membayar angsuran atau cicilan tepat waktu, akses mereka untuk mendapat modal lebih besar terbuka lebar.
 
"Dalam berbisnis orang harus jujur karena yang dijual kepercayaan, begitu enggak dipercaya, konsumen akan hilang. Pasti semua enggak akan bantu. Jadi tunjukkan kita bisa dipercaya. Dengan begitu ibu-ibu bisa loncat ke KUR dan bisa mendapatkan pinjaman ke Rp25 juta sampai Rp500 juta," tutur mantan Wali Kota Surakarta ini.
 
Lebih jauh ia menambahkan semua usaha yang dijalankan perlu ditekuni dengan kerja keras. Ibarat pepatah mengatakan hasil tidak akan menghianati proses. Begitu pula Jokowi dalam mengembangkan usahanya mulai dari titik bawah hingga menjadi saat ini.
 
"Saya menjalani perjalanan untuk berkembang seperti itu, jangan tergesa-gesa dan cepat menyerah," jelas dia.
 

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif