Kuartal III-2018

Asian Games Topang Ekonomi DKI Jakarta

Eko Nordiansyah 03 November 2018 15:33 WIB
bank indonesia
Asian Games Topang Ekonomi DKI Jakarta
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
Banyuwangi: Bank Indonesia Kantor Perwakilan (KPw) DKI Jakarta memperkirakan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta pada kuartal III-2018 akan lebih baik dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Ajang Asian Games hingga Asian Para Games yang digelar di ibu kota diyakini mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta.

"Jakarta masih terdampak dengan meningkatnya konsumsi dari banyak pertemuan sepanjang tahun ini," kata Kepala Tim Advisory dan Ekonomi Keuangan BI KPw DKI Jakarta M Cahyaningtyas, di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, 3 November 2018.

BI KPw DKI Jakarta memproyeksikan ekonomi DKI Jakarta selama kuartal III-2018 tumbuh mencapai 6,3 sampai dengan 6,7 persen (yoy). Hal ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta kembali ke tren semula dengan tumbuh sekitar enam persen setelah terkoreksi di kuartal I dan II tahun ini.

Selama kuartal I dan kuartal II, ekonomi DKI Jakarta memang masih tumbuh melambat. Pada kuartal I-2018, ekonomi DKI Jakarta hanya tumbuh 5,99 persen, kemudian kembali mengalami perlambatan dengan hanya tumbuh 5,93 persen pada kuartal II tahun ini.

"Kuartal III akan menjadi pertaruhan untuk melihat laju pertumbuhan sepanjang 2018, karena kuartal IV tidak akan begitu menggeliat seperti kuartal III ya. Untuk keseluruhan 2018, kita perkirakan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta bisa mencapai enam sampai 6,4 persen," jelas dia.

Tyas, sapaan akrabnya menjelaskan pertumbuhan ekonomi di ibu kota masih ditopang oleh sektor konsumsi rumah tangga, ditambah dengan konsumsi pemerintah. Namun sejak kuartal I-2018, pertumbuhan konsumsi melambat di kisaran 5,48, sedangkan konsumsi pemerintah hanya 4,2 persen.

"Sementara itu, pertumbuhan ekspor juga melambat dari kuartal I-2018 yang sebesar 10,7 persen ke 4,8 persen di kuartal II-2018. Namun jika kuartal III-2018, kita bisa tumbuh sesuai target, pertumbuhan di atas enam persen pada 2018 bisa saja tercapai," pungkasnya.



(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id