Ilustrasi kegiatan ekspor impor. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi kegiatan ekspor impor. (FOTO: MI/Ramdani)

Menkeu Harap Eksportir Konversi Transaksi ke Rupiah

Suci Sedya Utami • 03 Oktober 2018 17:14
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati berharap agar semua eksportir bisa mengubah penggunaan dolar ke rupiah dalam bertransaksi di dalam negeri.
 
Dengan demikian diharapkan pasokan dolar di Tanah Air tetap terjaga sehingga dampaknya bagi rupiah tidak makin tertekan.
 
"Kalau semua pihak eksportir melakukan konversi dalam negeri dari seluruh devisa hasil ekspor untuk kebutuhan transaksi dalam negeri ini akan sangat membantu keseimbangan pasokan dan demand terhadap dolar," kata Ani di Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Rabu, 3 Oktober 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun demikian, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini tetap menghormati para eksportir yang memang masih menggunakan dolar sebagai kewajiban dalam transaksi mereka.
 
Dia bilang hal tersebut juga penting untuk menjaga kepercayaan pada bisnis yang mereka jalankan. Namun lagi-lagi ia mengimbau agar jika memang dolar tidak diperlukan dalam transaksi tersebut maka bisa diganti dengan menggunakan rupiah.
 
"Kalau ada transaksi memang enggak perlu dolar, ya tidak perlu dolar. Tapi kalau perlu dolar untuk membayar utang kembali, untuk impor bahan baku, impor barang modal saya rasa itu tetap dijaga," jelas Ani.
 
 
 
(AHL)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif