Langkah Pengusaha Dukung Pemerintah Perkuat Rupiah
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani. (FOTO: Medcom.id/Husen)
Jakarta: Para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendukung upaya pemerintah menstabilkan nilai tukar rupiah. Ada beberapa langkah yang dilakukan pengusaha untuk membuat mata uang 'Garuda' tersebut bersinar.

Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani menyebutkan langkah-langkah aksi pengusaha untuk memperkuat rupiah adalah dengan membatasi penggunaan transaksi valuta asing (valas). Pengusaha sepakat menggunakan valas hanya untuk kebutuhan penting.

"Selain itu, mengutamakan pemasok dalam negeri dalam rantai bisnis," ujar Hariyadi dalam sebuah acara di Grand Ballromm Kempinski, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat, 14 September 2018.

Kemudian, lanjutnya, pengusaha juga sepakat meningkatkan ekspor dan mencari peluang pasar nontradisional. Juga, menyusun rancangan investasi dalam bentuk rupiah termasuk pinjaman dalam bentuk rupiah.

Para pengusaha juga sepakat untuk memaksimalkan tenaga kerja dan ahli lokal. Termasuk mengonversi upah tenaga kerja asing ke rupiah dengan nilai yang tetap.

"Apindo dan Kadin meyakini bahwa langkah-langkah aksi ini bisa dilakukan kolektif para pengusaha sehingga mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi Indonesia dan penguatan nilai tukar rupiah," tegasnya.

Di sisi lain, tambah Hariyadi, ia meminta pemerintah untuk menyusun kebijakan pajak yang lebih konstruktif. Hal tersebut untuk mendorong masuknya investasi, dan bukan menakut-nakuti dunia usaha.

"Selain kebijakan pajak, kita juga memerlukan inovasi sistem cukai untuk lebih menstimulan industri yang memerlukan bahan baku impor dan belum dapat diproduksi di dalam negeri," tutup Hariyadi.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id