Upaya BRI Jaga Kedaulatan Rupiah
Ilustrasi (FOTO ANTARA/Mohammad Ayudha)
Jakarta: Pulau Sebatik merupakan pulau kecil di ujung Kalimantan yang termasuk wilayah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Pulau ini secara administratif dibagi dua bagian, di mana bagian selatan merupakan wilayah Indonesia yang termasuk dalam provinsi Kalimantan Utara sedangkan di bagian utara berbatasan langsung dengan Malaysia.

Kondisi ini membuat dualisme penggunaan mata uang rupiah dan ringgit banyak ditemui di wilayah tersebut. Sebagai bentuk nyata komitmen menjadi lembaga keuangan yang turut menjaga kedaulatan rupiah di perbatasan, BRI meresmikan layanan money changer di Teras BRI Aji Kuning, wilayah terdekat dengan perbatasan patok 3 di Pulau Sebatik.

Corporate Secretary BRI Bambang Tribaroto mengungkapkan peresmian layanan money changer di Teras BRI Aji Kuning merupakan upaya nyata BRI untuk menjadikan mata uang rupiah sebagai satu-satunya alat pembayaran yang sah di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"BRI merupakan bank yang menjaga kedaulatan rupiah di perbatasan. Hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk menjaga kedaulatan wilayah serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di wilayah perbatasan," kata Bambang, dalam keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Sabtu, 5 Mei 2018.

Bambang menambahkan, sebelumnya BRI telah memiliki layanan money changer di Pulau Sebatik, yakni di BRI Unit Sungai Nyamuk dengan rata rata terdapat transaksi sebesar 80 ribu-100 ribu ringgit Malaysia per bulan. Dengan keberadaan layanan money changer di Teras BRI Aji Kuning diyakini transaksi penukaran ringgit menjadi rupiah di Pulau Sebatik akan meningkat.

"Ini mengingat letaknya yang berdekatan langsung dengan perbatasan," pungkasnya.

 



(ABD)