Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)
Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Medcom.id/Husen Miftahudin)

Integrasi Transportasi Jabodetabek Akan Melibatkan Pemda

Ekonomi bappenas transportasi
Eko Nordiansyah • 08 Februari 2019 19:50
Jakarta: Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menyebut integrasi transportasi di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) akan melibatkan pemerintah daerah (pemda). Pasalnya masalah yang sekarang ada tidak bisa hanya diselesaikan pemerintah pusat.
 
Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan salah satu upaya yang dilakukan adalah memperkuat Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Nantinya BPTJ tidak hanya menjadi instansi dari pemerintah pusat saja, tetapi juga melibatkan pemda terkait.
 
"Sehingga BPTJ bisa lebih kuat mendorong rute-rute transportasi yang sifatnya lintas wilayah," kata Bambang di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 8 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, jika mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maka integrasi akan sulit dicapai. Pasalnya penggunaan APBD terbatas pada wilayah masing-masing daerah karena tidak bisa membiayai yang ada di luar daerah tersebut.
 
"APBD masing-masing kan hanya berkutat di masing-masing daerahnya enggak boleh dipakai daerah lain. Nah ini perlu ada perencanan yang terintegrasi oleh BPTJ sehingga implementasinya bisa dilakukan bersama-sama antara pemerintah pusat dengan seluruh pemda terlibat," jelas dia.
 
Lebih lanjut, pemerintah menginginkan pengembangan transportasi massal berbasis rel yang bisa digunakan oleh masyarakat sekitar Jabodetabek. Hal ini bisa mengurangi kemacetan di Jabodetabek karena penggunaan kendaraan pribadi akan berkurang.
 
"Kita fokus angkutan umum yang memang umum, yang bisa angkut banyak orang. Jadi angkutan umum berbasis rel sama bis. Jadi bis sebagai feeder yang kereta menjadi penghubung semua wilayah," pungkasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif