Kendaraan Pribadi Diimbau Gunakan Jalur Alternatif pada Malam Hari
Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Bambang Prihartono. (Foto: Metro TV)
Jakarta: Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengimbau kendaraan pribadi khususnya pengguna tol Jakarta-Cikampek agar menggunakan jalur alternatif pada malam hari. Hal ini merupakan bagian dari implementasi paket kebijakan pengurangan kemacetan di ruas tol tersebut.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan pemerintah menyiapkan beberapa paket kebijakan terkait rekayasa lalu lintas. Selain ganjil genap, manajemen lalu lintas juga berlaku untuk pembatasan kendaraan besar, dan pengerjaan proyek yang hanya dilakukan pada malam hari.

"Itu kebijakan di siang hari, kebijakan di malam hari kami mengimbau masyarakat yang (biasa) bepergian lewat jalan tol pukul sembilan malam sampai pukul lima pagi pilihlah jalur non tol, khususnya roda empat," ujarnya dalam Metro Pagi Primetime, Jumat, 23 November 2018.

Bambang mengungkapkan malam hari di waktu tersebut menjadi saat ketika pekerjaan megaproyek di tol Jakarta-Cikampek berlangsung. Ia mengaku telah melakukan survei jalur-jalur alternatif sekitar proyek Light Rapid Transit (LRT), kereta cepat Jakarta-Bandung, dan elevated tol road. Hasilnya, jalur tersebut lengang.

"Saya sudah survei sampai pukul dua pagi (misalnya), di Kalimalang (Bekasi, Jawa Barat) kalau malam hari aktivitas di Kalimalang sudah tidak ada, masyarakat istirahat. Gunakan itu," kata dia.

Selain survei, Bambang mengaku pihaknya juga telah melakukan simulasi atas kebijakan tersebut. Hasilnya, jika kebijakan ganjil genap konsisten dilakukan, kendaraan berat dibatasi, dan pengerjaan proyek hanya dilakukan malam hari, angka kemacetan menurun.

"Ada penurunan visi rasio dari 0,9 ke 0,4. Kecepatan juga meningkat dari 15-20 km/jam meningkat sampai 46 km/jam. Kecepatan meningkat artinya peningkatannya bisa sampai 60 persen kalau ini dikerjakan secara optimal," jelas dia.





(MEL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id