NEWSTICKER
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Foto : MI.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly. Foto : MI.

Progres Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja Capai 95%

Ekonomi Omnibus Law
Eko Nordiansyah • 09 Januari 2020 16:18
Jakarta: Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menyebutkan penyusunan Rancangan Undang-undang (RUU) omnibus law Cipta Lapangan Kerja sudah hampir selesai. Saat ini penyusunannya tinggal finalisasi.
 
"Kami sedang finalisasi terakhir ini. Semua, poin-poin sudah harus selesai. Ini sudah 95 persen tinggal finalisasi saja," kata Yasonna ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Dirinya menambahkan pembahasan ketenagakerjaan juga masih terus diselesaikan oleh pemerintah sebagaimana permintaan Presiden Joko Widodo. Menurut Yasonna ada tim yang menyampaikan konsep dalam omnibus law kepada para serikat pekerja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini kan untuk menciptakan lapangan kerja, untuk adek-adek kita ke depan. Dengan UU omnibus law selesai akan ada satu perubahan fundamental dalam investasi penciptakaan lapangan kerja sehingga memudahkan lapangan kerja," jelas dia.
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, omnibus law akan diharmonisasikan dengan aturan yang ada. Termasuk soal ketenagakerjaan yang selama ini masih mendapat penolakan oleh serikat pekerja.
 
"Sudah masuk legal drafting, jadi diharapkan bisa diselesaikan sesudah prolegnas DPR diputus bisa segera dipastikan ke DPR. Iini kan kemarin sudah semua 11 kalster selesai dibahas," ungkap Airlangga.
 
Substansi Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja mencakup 11 klaster yakni Penyederhanaan Perizinan, Persyaratan Investasi, Ketenagakerjaan, Kemudahan, Pemberdayaan, dan Perlindungan UMK-M, Kemudahan Berusaha, Dukungan Riset dan Inovasi, Administrasi Pemerintahan, Pengenaan Sanksi, Pengadaan Lahan, Investasi dan Proyek Pemerintah, dan Kawasan Ekonomi.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif