Ilustrasi. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi. Foto: Medcom.id.

Pemerintah Gandeng Investor Kembangkan SDM di Indonesia

Ekonomi investor world economic forum
Eko Nordiansyah • 23 Januari 2020 11:39
Davos: Pemerintah mengajak para investor di luar negeri untuk ikut mengembangkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Apalagi SDM merupakan salah satu dari lima prioritas pada periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo.
 
Dalam pertemuan tahunan World Economic Forum (WEF) 2020, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap adanya kerja sama pemerintah dan swasta dalam mengembangkan SDM di dalam negeri.
 
"Salah satu tantangan utama dalam human capital development adalah upgrading the skills of the teachers. Untuk itu, saat ini Pemerintah RI tengah melakukan pelatihan untuk sekitar dua juta tenaga pengajar per tahun," kata dia di Davos, Swiss, Kamis, 23 Januari 2020.

Dalam konteks tersebut, pemerintah mengundang dua perusahaan yang telah memiliki program human capital development yang cukup baik, yakni Lego dan Infosys untuk melakukan investasi di Indonesia. Terutama dalam pendirian skills training institutions.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah juga memberikan insentif Super Tax Deduction, melalui pengurangan penghasilan bruto 200 hingga 300 persen dari jumlah biaya yang dikeluarkan industri untuk kegiatan pengembangan vokasi dan pelatihan serta research and development di Indonesia.
 
"Penguatan kerja sama antara pemerintah dan industri diharapkan dapat meningkatkan sistem pendidikan vokasi dan training serta mendorong research and development di Indonesia," jelas dia.
 
Selain menjadi pembicara dalam sejumlah diskusi panel, Airlangga juga mengadakan pertemuan bilateral untuk membahas peluang kerja sama ekonomi.
 
Pada gelaran WEF Davos 2020, pemerintah Indonesia juga membuka Indonesia Pavilion yang bertujuan untuk memperkuat country branding Indonesia serta mempromosikan peluang pada sektor-sektor unggulan dan prioritas nasional.


 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif