Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (FOTO: MI/Susanto)
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. (FOTO: MI/Susanto)

Mendag: Tidak Usah Panic Buying

Ekonomi bahan pokok kementerian perdagangan
Ilham wibowo • 27 Mei 2019 15:08
Jakarta: Masyarakat diharapkan tidak khawatir terkait stok bahan pangan yang tersedia jelang Lebaran. Stabilitas harga pun bakal terus dikendalikan Pemerintah.
 
"Tidak usah khawatir, tidak usah panic buying karena semua bahan pokok tersedia di seluruh penjuru Tanah Air," kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita saat membuka Bazar Ramadan di kantornya, Jalan M.I. Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Senin, 27 Mei 2019.
 
Asosiasi pengusaha yang terkait penjualan kebutuhan bahan pokok telah memberikan komitmen untuk menjaga daya beli masyarakat. Upaya ini merupakan kepedulian dan kebersamaan sebagai warga negara yang turut andil meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya berterima kasih kepada seluruh teman-teman pengusaha yang mayoritas swasta, mereka peduli dengan menyelenggarakan pasar murah. Ini salah satu bentuk kepedulian dan kebersamaan kita Sebagai warga bangsa," ungkapnya.
 
Mendag mengatakan strategi pemerintah mengendalikan harga bahan pokok telah berjalan seperti yang dilakukan dalam tiga edisi Ramadan sebelumnya. Pejabat Kemendag telah disebar di berbagai pasar provinsi bahkan hingga ke tingkat kabupaten dan kota.
 
"Sampai dengan hari ini dari 34 provinsi kami sudah memantau langsung. Seluruh eselon 1 sudah turun melihat dan melakukan koordinasi dengan kepala dinas dan turun langsung ke pasar, semua aman," kata Enggar.
 
Strategi dalam menjaga stabilitas harga pangan juga diyakini bakal menekan angka inflasi pada Mei-Juni 2019. Daya beli masyarakat diproyeksikan tetap terjaga untuk terus memutarkan keseimbangan roda perekonomian negara.
 
"Malah mungkin terjadi deflasi, bukan karena ketidakmampuan masyarakat di dalam meningkatkan pembelian tapi karena memang suplai dan demand-nya terjadi keseimbangan yaitu harga terkendali," kata Enggar.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif