Ibukota DKI Jakarta. MI/Galih Pradipta.
Ibukota DKI Jakarta. MI/Galih Pradipta.

DPR Minta Kajian Pemindahan Ibu Kota Dianggarkan Ulang di 2018

Ekonomi pemindahan ibukota
Suci Sedya Utami • 24 Juli 2017 19:52
medcom.id, Jakarta: Komisi XI DPR RI meminta pemerintah menganggarkan ulang alokasi perencanaan untuk kajian pemindahan Ibu Kota Negara di dalam APBN 2018.

Sebab, tahun ini, anggaran Rp7 miliar yang diusulkan Kementerian PPN/ Bappenas ternyata tidak bisa dieksekusi tahun ini karena tak dapat restu Badan Anggaran (Banggar) DPR RI.

"Kita kan minta itu dianggarkan di 2018 saja," kata Wakil Ketua Komisi XI Hafidz Thohir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 24 Juli 2017.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Menurut Hadidz, usulan anggaran tersebut belum terlalu mendesak dibandingkan dengan persoalan yang dihadapi rakyat saat ini. Masalah kemiskinan lebih perlu mendapat perhatian khusus pemerintah. Dimana salah satu penyebabnya yakni distribusi beras sejahtera (rastra) yang tak merata.

"Kita kan tahu hari ini rakyat tidak berhasil dapat beras miskin. Kenapa? ini kan harus kita selesaikan. Tadi kita tanya itu, kenapa terjadi keterlambatan," ujar Politikus PAN ini.

Ditemui di tempat yang sama, Anggota Komisi XI  Fraksi PKB Fathan juga mendukung agar kajian pemindahan ibu kota yang dilakukan Bappenas bisa dianggarkan tahun depan. Menurut Fathan, pemerintah tak boleh lagi bertumpu pada Jakarta. Sebab kemacetan yang terjadi kini sudah tidak manusiawi.

"Saya kira pemerintah sangat cerdas. Soal Rp7 miliar, saya kira enggak terlalu berat toh untuk APBN. Kalau ada ruang Bu Sri Mulyani (Menkeu) menganggarkan saya kira bisa dianggarkan, kita harus berani melompat visi misinya," jelas Fathan.

Anggota Komisi XI lainnya, Hendrawan Supratikno mengatakan pemindahan ibu kota perlu dianggarkan tidak hanya bersifat multiyears, namun juga multigeneration.

Sebelumnya, Komisi XI pun menyetujui adanya tambahan pagu anggaran Bappenas Rp26 miliar yang mana di dalamnya terdapat Rp7 miliar untuk digunakan dalam kajian cepat rencana pemindahan Ibu Kota

"Komisi XI menyetujui usulan tambahan anggaran Kementerian PPN/ Bappenas Rp26 miliar," jelas Ketua Komisi XI Melchius Markus Mekeng pada 11 Juli lalu.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi