Dana Talangan BPJS Kesehatan Rp4,9 Triliun Cair Senin Pekan Depan

Eko Nordiansyah 21 September 2018 20:10 WIB
bpjs kesehatan
Dana Talangan BPJS Kesehatan Rp4,9 Triliun Cair Senin Pekan Depan
Ilustrasi. (FOTO: MI/Angga Yuniar)
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan dana talangan untuk menutup defisit neraca keuangan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Rencananya dana sebesar Rp4,9 triliun akan dicairkan pada Senin pekan depan.

"Insyaallah Senin (cair), sesuai dengan permintaan dari BPJS dan itu kan ada peruntukkan semuanya," kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, di Gedung Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Jumat, 21 September 2018.

Kemenkeu sebelumnya telah menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 113/PMK.02/2018 tentang Tata Cara Penyediaan, Pencairan, dan Pertanggungjawaban Dana Cadangan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

PMK ini juga merupakan payung hukum turunan dari peraturan presiden (perpres) soal pemanfaatan cukai rokok dar‎i daerah untuk menutup defisit keuangan BPJS Kesehatan.

Dirinya menambahkan, nantinya pemerintah melalui Kemenkeu akan mengambil dana talangan dari pemotongan cukai rokok di daerah pada kuartal III dan kuartal IV. Setidaknya Kemenkeu punya lima bulan untuk menambal defisit yang terjadi di BPJS Kesehatan.

"Kuartal III dibayarkan sampai dengan Juli, Agustus, September itu dibayarkan pada Oktober. Nanti Oktober-November dibayarkan Desember sehingga Desember dibayarkan Januari 2019 sehingga kita punya waktu lima bulan," jelas dia.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id