BI Perkirakan Ramadan Dorong Peningkatan Inflasi DKI Jakarta
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)
Jakarta: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi DKI Jakarta memperkirakan inflasi pada Mei 2018 akan meningkat. Hal ini sebagaimana bank sentral memerhatikan berbagai perkembangan harga di pasar dan berbagai informasi terkini.

"Masuknya periode puasa pada pertengahan Mei 2018 cenderung diikuti oleh kenaikan harga secara umum," kata Deputi Direktur BI KPw Provinsi DKI Jakarta Fadjar Majardi, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 3 April 2018.

Menurutnya hal ini perlu dicermati oleh para pemangku kebijakan. Beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain pembentukan ekspektasi yang baik pada masyarakat, menjaga kesinambungan pasokan pangan, dan imbauan belanja secara bijak.

Penguatan koordinasi antara BI, Pemerintah Provinsi DKI, serta BUMD yang bergerak di bidang pangan melalui TPID sangat diperlukan untuk memastikan tetap terkendalinya inflasi di 2018 sesuai dengan sasaran inflasi nasional 3,5 plus minus satu persen.

"Kerja sama dalam pemenuhan stok pangan DKI dengan daerah lain perlu terus diupayakan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat yang terus meningkat terutama menjelang puasa dan Lebaran 2018," jelas dia.

Ia menilai berbagai program TPID harus diharmonisasikan dengan berbagai kebijakan pemerintah pusat dan daerah melalui program-program kerja di masing-masing SKPD, terutama yang menyangkut ketahanan pangan, dan kelancaran distribusi pangan, serta kebijakan lainnya.

"Berbagai program yang ada harus didukung dengan komitmen yang kuat dari berbagai pihak agar tercapai kestabilan harga yang sangat dibutuhkan untuk mendorong pembangunan ekonomi di Jakarta secara keseluruhan," pungkasnya.

Sebelumnya, BI Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi DKI Jakarta mencatat inflasi mencapai 0,06 persen (mtm) selama April 2018 di DKI Jakarta. Pencapaian ini lebih rendah dari bulan sebelumnya yang mencatat inflasi 0,09 persen (mtm), bahkan jika dibandingkan dengan inflasi nasional sebesar 0,10 persen (mtm).

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360