BI Perkirakan Kredit Perbankan Tumbuh 11,7% di 2018
Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan kredit akan mencapai 11,7 persen (yoy) di 2018. Jika target ini tercapai maka pertumbuhuan kredit lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi pertumbuhan kredit 2017 sebesar 8,2 persen (yoy).

"Hasil Survei Perbankan juga mengindikasikan tetap kuatnya optimisme terhadap peningkatan pertumbuhan kredit tahun 2018," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa, 17 April 2018.

Dirinya menambahkan, optimisme tersebut didukung oleh perkiraan kondisi ekonomi tahun 2018 yang lebih baik dari tahun sebelumnya, penurunan suku bunga kredit, dan penurunan risiko penyaluran kredit.

Sementara itu, pertumbuhan kredit baru pada kuartal I-2018 secara kuartalan (qtq) melambat sesuai dengan pola penyaluran kredit pada awal tahun. Meskipun capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Hasil Survei Perbankan yang dirilis BI menunjukan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pertumbuhan kredit baru sebesar 75,9 persen pada kuartal I 2018, lebih rendah dari 94,3 persen pada kuartal sebelumnya, sejalan dengan masih rendahnya kebutuhan pembiayaan nasabah di awal tahun.

"Meski demikian, pertumbuhan kredit baru pada kuartal I 2018 tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan SBT pertumbuhan kredit baru kuartal I 2017 yang hanya sebesar 52,9 persen," jelas dia.

Pertumbuhan kuartalan (qtq) kredit baru diperkirakan menguat pada kuartal II 2018 sebagaimana terindikasi dari SBT sebesar 93,1 persen. Menguatnya pertumbuhan kredit didukung oleh kebijakan penyaluran kredit yang lebih longgar, terutama pada aspek suku bunga kredit yang lebih rendah dan biaya persetujuan kredit yang lebih murah.

"Penurunan suku bunga kredit diperkirakan terjadi pada kredit modal kerja sebesar tiga bps menjadi 11,78 persen dan suku bunga kredit konsumsi turun delapan bps menjadi 14,50 persen," pungkasnya.

 



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id