Penyaluran KUR Capai 49,4% dari Target
Ilustrasi. (Foto: Antara/Yudhi Mahatma).
Jakarta: Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) mencatat hingga 31 Mei 2018, realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp57,617 triliun atau 49,40 persen dari target yang ditetapkan yakni Rp120 triliun pada tahun ini.

Secara lebih rinci, KUR yang telah tersalurkan terdiri atas KUR mikro dengan porsi Rp36,882 triliun, KUR kecil Rp20,548 triliun, dan KUR TKI Rp186 miliar.

Penyaluran didominasi tiga bank terbesar, yakni BRI dengan total sementara Rp40,019 triliun, Bank Mandiri sebesar Rp7,140 triliun, dan BNI Rp7,886 triliun.

Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian KUKM Yuana Setyowati mengatakan pemerintah terus berupaya menambah jumlah koperasi yang dapat berperan sebagai penyalur KUR sehingga tidak hanya bergantung pada perbankan.

Hingga saat ini, baru dua koperasi simpan pinjam (KSP) yang disetujui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai penyalur KUR, yaitu KSP Kospin Jasa di Pekalongan, Jawa Tengah, dan Koperasi Kredit (Kopdit) Obor Mas di Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di luar itu, Yuana menyebutkan, saat ini terdapat 20 koperasi yang telah mengajukan diri sebagai penyalur KUR ke OJK.

"Sebenarnya sudah ada KSP yang sedikit lagi disetujui (sebagai penyalur OJK). Seluruh persyaratan sudah dipenuhi. Hanya saja, ada ketentuan nonperforming loan (NPL) yang belum menemui kesepakatan," ungkap Yuana saat membuka Sosialisasi Program KUR di Denpasar, Bali, akhir pekan lalu.

Untuk menjadi penyalur KUR, lanjutnya, koperasi memang harus memenuhi berbagai persyaratan, di antaranya berkinerja baik, bekerja sama dengan perusahaan penjamin pada penyaluran KUR, memiliki sistem daring dengan sistem informasi kredit program, dan melakukan perjanjian dengan kuasa pengguna anggaran (KPA).

Tahun ini pemerintah meningkatkan target penyaluran KUR kepada pelaku UMKM sebesar Rp120 triliun. (Media Indonesia)

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id