Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Pembiayaan Produktif untuk E-Commerce Meningkat di Ramadan

Ekonomi ecommerce
Nia Deviyana • 16 Mei 2019 16:03
Jakarta: Kepala Bidang Kelembagaan dan Humas Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI) Tumbur Pardede mengamati adanya peningkatan permintaan pembiayaan produktif dari e-commerce pada Bulan Ramadan. Dia menuturkan, hal ini karena banyak merchant membutuhkan tambahan produk untuk menyuplai permintaan konsumen.
 
"Kita melihat ada peningkatan permintaan pembiayaan produktif dari merchant di bulan Ramadan jika dibandingkan bulan-bulan biasa. Sekitar 15-20 persen," ujar Tumbur usai mengisi diskusi di Centennial Tower, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis, 16 Mei 2019.
 
Tumbur mengapresiasi fintech-fintech yang hadir memberikan pembiayaan produktif kepada nasabahnya. Hal ini akan membantu memajukan industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini, lanjut Tumbur, beberapa fintech lending seperti Amartha dan Investree cukup membantu pertumbuhan UMKM lewat pembiayaan yang diberikan. Per April 2019, Amartha telah mengucurkan modal usaha lebih dari Rp1 triliun pada 223 ribu pengusaha mikro perempuan yang tersebar di 3.500 desa.
 
Sebagai upaya menekan kredit bermasalah, Amartha tidak hanya membantu permodalan, tetapi juga memberikan pelatihan dan pengawasan terhadap debitur agar usaha yang dirintis berhasil. Tercatat Tingkat Keberhasilan Bayar (TKB) Amartha mencapai 97 persen.
 
Sementara Investree, pada 2018 tercatat telah menyalurkan pembiayaan syariah sebesar Rp55 miliar kepada 262 nasabah. Pada tahun ini, Investree optimistis dengan target penyaluran pembiayaan syariah hingga Rp600 miliar.

 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif