Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga. Foto: Medcom/Husen Miftahudin
Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga. Foto: Medcom/Husen Miftahudin

DPR: Fungsi OJK Bisa Dikembalikan ke BI

Ekonomi ojk bank indonesia Jiwasraya
Husen Miftahudin • 21 Januari 2020 15:07
Jakarta: Wakil Ketua Komisi XI DPR Eriko Sotarduga membuka kemungkinan terhadap pengembalian fungsi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ke Bank Indonesia (BI). Ini lantaran tidak maksimalnya fungsi OJK dalam pengawasan industri jasa keuangan di Indonesia.
 
"Apakah memungkinkan OJK dikembalikan ke BI? Bisa saja. Di Inggris sudah terjadi, di beberapa negara sudah terjadi. Nah ini yang sedang kita evaluasi," ujar Eriko di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Januari 2020.
 
Eriko berkaca pada permasalahan pengelolaan keuangan yang menyeret sejumlah lembaga jasa keuangan. Paling menyita perhatian ialah masalah gagal bayar dan dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT ASABRI (Persero), masalah likuiditas pada AJB Bumiputera 1912, hingga permasalahan permodalan dan tingginya tingkat kredit macet PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam hal ini, OJK bertanggung jawab penuh terhadap permasalahan pengelolaan keuangan lembaga jasa keuangan. OJK punya fungsi pengawasan yang bisa meminimalisasi kasus-kasus di industri keuangan.
 
"Kemarin teman-teman internal kita (Komisi XI) juga bicara dulu, mereka melakukan itu untuk pengawasan yang lebih baik. Nah, ternyata hasilnya tidak maksimal," ungkapnya.
 
Namun demikian, Eriko tidak sepenuhnya menyalahkan kinerja pengawasan OJK. Maka itu, Komisi XI membentuk panitia kerja (panja) terkait pengawasan kinerja industri jasa keuangan.
 
"Apa yang sebenarnya kekurangan dalam aturan main pelaksanaan di lapangan, kita kemudian sebenarnya sedang dilakukan dalam bentuk panja," tegasnya.
 
Pembentukan panja diharapkan akan semakin mendorong kualitas kinerja industri keuangan sehingga OJK bisa lebih meningkatkan kinerja pengawasan.
 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif