Bank Indonesia (BI). Foto : MI/Usman Iskandar
Bank Indonesia (BI). Foto : MI/Usman Iskandar

2020, Pembangunan Infrastruktur Jadi Pendorong Pertumbuhan Kredit

Ekonomi infrastruktur bank indonesia kredit
Annisa ayu artanti • 10 Desember 2019 13:36
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memprediksi pertumbuhan kredit pada tahun depan tumbuh positif. Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo mengatakan, proyeksi pertumbuhan berasal dari asumsi pertumbuhan ekonomi tahun depan yang diproyeksikan meningkat.
 
"Kredit di 2020 akan tumbuh antara 10 sampai 12 persen," kata Dody di Gedung BEI, Jakarta, Selasa, 10 Desember 2019.
 
Dody menjelaskan, tahun depan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia diproyeksikan berada di angka 5,1 sampai 5,5 persen. Sementara laju inflasi sebesar 3 persen ± 1 persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi (pertumbuhan kredit) 10 sampai 12 persen itu tanpa memberikan tekanan pada perekonomian," ucap dia.
 
Adapun untuk sektor yang menjadi penopang pertumbuhan kredit pada 2020, disebutkan Dody, akan berasal dari kredit investasi, khususnya investasi-investasi di sektor infrastruktur.
 
"Sektornya didorong sektor tertentu terutama infrastruktur. Karena kalau dilihat sumbangan selama ini dari sektor infrastruktur," sebut dia.
 
Berdasarkan catatan Medcom.id beberapa perbankan nasional juga sudah menaruh target pertumbuhan kredit tahun depan. BTN menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 6-8 persen, Bank Mandiri sekitar sembilan persen, BNI sekitar 11-13 persen, BRI sebesar 11 persen, dan BCA sebesar 7,7-8 persen pada 2020.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif