Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)
Ilustrasi (MI/ROMMY PUJIANTO)

Juli, Inflasi DKI Jakarta Diprediksi Lebih Rendah

Ekonomi inflasi bank indonesia
Eko Nordiansyah • 02 Juli 2019 08:47
Jakarta: Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Provinsi DKI Jakarta memperkirakan inflasi Juli 2019 di DKI Jakarta tetap terkendali. Hal ini sebagaimana memerhatikan berbagai perkembangan harga di pasar serta bauran kebijakan pemerintah.
 
Kepala BI KPw Provinsi DKI Jakarta Hamid Ponco Wibowo mengatakan, permintaan masyarakat terhadap sandang dan bahan makanan berangsur-angsur berkurang. Pasalnya berakhirnya momen Idulfitri pada bulan ini akan mengurangi tekanan inflasi yang lebih rendah.
 
"Seiring dengan berlalunya momen hari raya Idulfitri, akan menyebabkan tekanan inflasi cenderung lebih rendah dibandingkan dengan bulan sebelumnya," kata dia dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa 2 Juli 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, penguatan koordinasi antara BI, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan pemerintah pusat melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), dan forum-forum yang ada akan terus ditingkatkan.
 
Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan mengingat pengendalian harga memerlukan kerja sama dan sinkronisasi langkah kebijakan dari tingkat pusat hingga daerah, serta komitmen yang kuat dalam implementasi kebijakan yang telah diputuskan.
 
"Dengan berbagai upaya tersebut diharapkan inflasi DKI Jakarta di 2019 dapat tetap terjaga dan mendukung capaian sasaran inflasi nasional sebesar 3,5 plus minus satu persen," jelas dia.
 
Pada bulan lalu, inflasi di DKI Jakarta tercatat sebesar 0,47 persen. Inflasi pada bulan yang bertepatan dengan Idulfitri ini lebih rendah dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya yang tercatat 0,59 persen.
 
Dengan perkembangan tersebut, inflasi sampai dengan Juni 2019 tercatat sebesar 2,12 persen (ytd), atau secara tahunan sebesar 3,49 persen (yoy). Pada akhir 2019, tingkat inflasi Jakarta diprakirakan tetap mendukung pencapaian sasaran inflasi nasional.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif