Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Foto: Mi/Susanto.
Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto. Foto: Mi/Susanto.

Jadi Mendag, Agus Ingin Sederhanakan Aturan Ekspor dan Impor

Ekonomi kementerian perdagangan Kabinet Jokowi-Maruf
Desi Angriani • 23 Oktober 2019 23:10
Jakarta: Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto ingin menyederhanakan peraturan terkait ekspor dan impor. Banyaknya jumlah peraturan dinilai membebani biaya produksi.
 
"Di sini kita akan menyederhanakan peraturan-peraturan dalam negeri supaya ekspor kita bisa lebih baik. Kemudian menyederhanakan impor yang otomatis kita lebih selektif," ungkap Agus di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019.
 
Agus mengatakan penyederhaaan aturan di bidang eskpor dan impor bakal berimplikasi pada surplusnya neraca perdagangan. Sebab, kemudahan aturan dapat meningkatkan produksi di sektor industri. Sementara impor yang selektif akan menurunkan nilai impor dalam negeri.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kalau ekspor kita harus meningkatkan produksi dalam negeri baik mengenai kualitas, produktifitas. Dalam arti kualitas produk dalam negerinya itu sendiri kemudian SDM," terang kader PKB ini.
 
Dalam seratus hari pertama, Agus berencana mendata seluruh produk ekspor yang memiliki nilai tambah. Produk tersebut akan dievaluasi dan diberikan kemudahan berupa insentif ekspor.
 
"Akan kita evaluasi semua, besok akan mendengarkan arahan presiden lebih detail," pungkasnya.
 
Selain politikus PKB, Agus merupakan Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Ikatan anggar seluruh Indonesia (IKASI) masa jabatan 2018-2022.
 
Jabatan tersebut juga telah ia duduki di periode sebelumnya. Agus juga merupakan Direktur Utama PT Galangan Manggar Biliton (GMB).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif