Presiden Joko Widodo saat memantau harga pangan di pasar. Medcom,id/ Damar I
Presiden Joko Widodo saat memantau harga pangan di pasar. Medcom,id/ Damar I

Jokowi Pastikan Harga Pangan Stabil

Ekonomi pangan
Damar Iradat • 23 Februari 2019 07:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo memastikan harga pangan tetap stabil terutama untuk komoditas beras karena akan segera memasuki masa panen bulan depan.
 
Hal tersebut disampaikan Jokowi usai menyambangi pasar tradisional di Pasar Minggu serta Pasar Modern Bintaro Jaya, Jumat, 22 Februari 2019. Blusukan Jokowi tersebut tidak lain untuk mengecek harga barang-barang kebutuhan pokok.
 
"Ini mulai awal Maret mulai panen. Nanti mungkin pertengahan sampai April panen raya. Harga itu bukan hanya naik, turun pun juga harus dikendalikan. Keseimbangan itu yang sulit," kata Jokowi, Jumat, 22 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan menjaga keseimbangan harga antara petani dengan konsumen tidaklah mudah. Jika harganya terlalu murah, petani akan merugi, sebaliknya jika terlalu mahal maka masyarakat yang akan berteriak.
 
Jokowi mengaku sudah mendapat laporan dari Menteri Pertanian Amran Sulaiman soal panen bulan depan. Dari laporan itu diprediksi jika hasil panen kali ini lebih baik.
 
"Sehingga kita harus jaga karena di stok Bulog ini sekarang juga masih banyak. Tapi stok memang untuk cadangan strategis bencana, kalau gagal panen ada hama. Di petani sendiri ini sebentar lagi panen raya," ujar dia.
 
Saat blusukan ke pasar, Jokowi mengunjungi beberapa kios dagang, antara lain kios buah-buahan. Jokowi menyempatkan membeli buah manggis, jeruk, dan salak dengan total harga Rp100 ribu.
 
Di sepanjang pasar, Jokowi juga berswafoto dan bersalaman dengan para pengunjung dan pedagang. Presiden kemudian membeli satu kantong beras pandan wangi seberat lima kilogram senilai Rp95 ribu.
 

(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi