BPK: Tak Ada Proyek Mangkrak Selama 4 Tahun Jokowi-JK
Illustrasi. MI/Dwi Pramadia.
Jakarta: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tak menemukan adanya proyek infrastruktur yang mangkrak selama empat tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Selama ini pembangunan infrastruktur memang menjadi fokus utama Jokowi-JK.

"Tidak ditemukan adanya infrastruktur yang mangkrak," kata Anggota IV BPK, Rizal Djalil ditemui di Kantor BPK, Jakarta Pusat, Senin, 22 Oktober 2018.

Data BPK, anggaran infrastruktur yang disediakan sejak 2015 hingga 2017 adalah sebesar Rp315,06 triliun dengan realisasi mencapai Rp282,67 triliun. Anggaran itu dialokasikan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dirinya menambahkan, pembangunan infrastruktur secara masif dilakukan pemerintah hingga ke berbagai daerah. Bahkan pembangunan juga dilakukan sampai ke daerah-daerah perbatasan, hingga daerah terluar Indonesia.

"Dulunya di Papua itu seperti apa dan sekarang seperti apa. Kemudian perbatasan kita dengan Malaysia di Kalimantan. Kemudian juga (perbatasan) Timor Leste sekarang seperti apa. Demikian juga prasarana terkait jalan raya," jelas dia.

Sementara untuk 2018 ini, BPK belum melakukan pemeriksaan karena beberapa proyek masih berjalan. Nantinya BPK akan melakukan pemeriksaan untuk proyek-proyek yang dikerjakan tahun ini, pada awal tahun depan.

"Pemeriksaan itu setelah program selesai. Laporan baru masuk Februari 2019 nanti. Maret-Juni baru akan diperiksa. Proyek infrastruktur yang diperiksa BPK adalah proyek yang menggunakan uang negara atau APBN," pungkasnya.

 



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id