Illustrasi. MI/Panca Syaukarni.
Illustrasi. MI/Panca Syaukarni.

Kementerian BUMN Beberkan Kriteria Calon Direktur PLN

Ekonomi pln
Suci Sedya Utami • 17 Juni 2019 16:56
Jakarta: Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sedang mempersiapkan beberapa calon untuk mengisi jabatan Direktur Utama PT PLN (Persero) usai ditinggalkan oleh Sofyan Basir.
 
Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah mengatakan calon tersebut harus memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Sebab nantinya bakal memimpin perusahaan dengan kompeksitas yang tinggi. Selain itu harus berintegritas.
 
"Dia harus punya kemampuan memimpin dan orang yang problem solver karena memang PLN itu banyak sekali tugasnya dan size-nya kan besar. Karyawannya saja ada 120 ribu, jadi enggak gampang mencari orang yang mempunyai kapasitas tersebut," kata Edwin ditemui di Kompleks, Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 17 Juni 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Terkait dengan nama mantan Direktur Utama Telkom Alex Sinaga yang digadang-gadang menjadi salah satu nama yang dijagokan menggantikan Sofyan, Edwin mengatakan kemungkinan tersebut terbuka. Alex dianggap sebagai pribadi yang berpengalaman memimpin perusahaan besar.
 
"Dia salah satu CEO yang memang secara teknis dan leadership-nya paling terlihat, kalau meminjam istilah Bu Menteri BUMN (Rini Soemarno) salah satu best talen di BUMN, Pak Alex. Cuma, apakah dia bersedia atau tidak, kita tidak tahu," jelas Edwin.
 
Saat ini Kementerian BUMN telah menyiapkan lima nama sebagai calon Direktur PLN. Namun demikian kelima nama tersebut masih terkunci rapat. "Mungkin ada beberapa, ada tiga atau sampai lima nama. Tapi itu nanti harus official dari Ibu Menteri (Rini Soemarno)," tutur Edwin.
 
Adapun untuk mengisi kekosongan jabatan Direktur Utama yang ditinggalkan oleh Sofyan Basyir karena mengundurkan diri akibat menjalani proses hukum kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1, pemegang saham menunjuk Djoko Raharjo Abumanan sebagai Plt Direktur Utama.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif