BI: Pertumbuhan Ekonomi Kuartal III-2018 di Bawah 5,1%
Bank Indonesia (BI). MI/Usman Iskandar.
Jakarta: Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2018 di kisaran bawah 5,1 persen. Angka tersebut lebih rendah ketimbang pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2018 sebesar 5,27 persen

"Seperti saya sampaikan bahwa mungkin angka (pertumbuhan ekonomi kuartal III-2018) mirip-mirip angka kuartal I-2018, sekitar antara 5,1 persen kurang dikit," kata Deputi Gubernur Senior BI Mirza Adityaswara dalam konferensi pers di kompleks perkantoran BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Oktober 2018.

Pada kuartal I-2018, otoritas mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,06 persen. Sementara di kuartal II-2018, pertumbuhan ekonomia kian cemerlang dan berada pada posisi 5,27 persen.

Mirza bilang, menurunnya pertumbuhan ekonomi di kuartal III-2018 lebih disebabkan oleh penurunan ekspor secara neto. Kenaikan pertumbuhan ekspor tidak sekuat proyeksi di tengah impor yang tumbuh tinggi.

"Pertumbuhan ekspor lebih terbatas disebabkan kinerja ekspor komoditas andalan seperti pertanian dan pertambangan yang tidak sekuat prakiraan," bebernya.

Sementara itu, impor tumbuh tinggi sejalan dengan permintaan domestik, meskipun pertumbuhan impor bulanan menunjukkan pelambatan. Adapun konsumsi pada kuartal III-2018 tetap baik didukung daya beli yang terjaga dan belanja terkait pemilu serta keyakinan konsumen yang tetap tinggi.

"Investasi masih tumbuh cukup tinggi ditopang investasi bangunan, terkait proyek infrastruktur dan properti, maupun investasi nonbangunan. Dengan perkembangan tersebut, BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi di tahun 2018 berada pada kisaran bawah 5,0 persen hingga 5,4 persen," pungkas Mirza.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id