Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. MI/Erlangga
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. MI/Erlangga

Menkeu Minta Kepala Daerah Segera Serap APBD

Ekonomi Sri Mulyani Kementerian Keuangan apbd
MetroTV • 21 Juni 2021 17:17
Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan serapan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) masih sangat rendah. Ia meminta kepala daerah segera memaksimalkan serapan APBD yang menyasar kebutuhan masyarakat.
 
"Gunakan APBD-nya untuk tingkatkan kualitas pelayanan," ujar Sri Mulyani dalam program Newsline di Metro TV, Senin, 21 Juni 2021.
 
Mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini menyebut pemerintah daerah (pemda) harus segera mengoptimalkan APBD. Baik untuk kebutuhan belanja infrastruktur dasar maupun program langsung yang manfaatnya dapat dirasakan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menkeu menyayangkan sejumlah wilayah menggunakan anggaran fiskal untuk memperbaiki kualitas pelayanan dasar. Sri Mulyani juga menyoroti ketimpangan pembangunan di sejumlah wilayah di Papua.
 
Baca: Sri Mulyani Catat Defisit Anggaran Capai Rp219,3 Triliun hingga Mei 2021
 
Capaian Papua menempati posisi terendah secara nasional dari segi infrastruktur dasar, angka partisipasi pendidikan, dan indeks pembangunan manusia. "Masih ada daerah dengan penduduk miskin. Bahkan, mencapai 40 persen seperti Kabupaten Deiyai," jelasnya.
 
Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga menyinggung dana Otonomi Khusus (Otsus) Papua karena tidak efektif dipakai. Padahal, APBD Papua berada di peringkat tertinggi ke-6 secara nasional. (Nuansa Islami)
 
(SUR)


LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif