Ilustrasi gaji ke-13 PNS - - Foto: Antara/ Eric Ireng
Ilustrasi gaji ke-13 PNS - - Foto: Antara/ Eric Ireng

Gaji ke-13 PNS Cair Agustus

Ekonomi pns Sri Mulyani tunjangan hari raya
Eko Nordiansyah • 21 Juli 2020 13:25
Jakarta: Gaji ke-13 bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan akan cair pada Agustus 2020. Total anggaran yang disiapkan pemerintah untuk pembayaran gaji pegawai negara tersebut mencapai Rp28,5 triliun.
 
"Pembayaran gaji ke-13 akan direncanakan dilakukan pada Agustus 2020," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam videoconferencedi Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.
 
Sri Mulyani menjelaskan anggaran gaji ke-13 sudah termuat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020. Namun pemerintah tetap melakukan penyesuaian untuk membiayai penanganan pandemi covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak tambahan anggaran yang muncul untuk penanganan covid, pemberian bansos dan pemulihan ekonomi. Sehingga pemerintah lakukan pengelolaan APBN agar betul-betul fokus menangani covid dan dampaknya ke sosial dan ekonomi," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, pemerintah melakukan revisi atas Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas PP 19/2006 tentang Pemberian Gaji, Pensiunan, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Polri, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiunan atau Tunjangan.
 
Baca juga: Golongan ASN yang Mendapatkan THR Tahun Ini
 
Kemudian merevisi PP 38/2019 tentang Perubahan atas PP 24-2017 tentang Pemberian Penghasilan Ketiga Belas kepada Pimpinan dan Pegawai Non-PNS pada Lembaga Non Struktural. Revisi tersebut terkait pembayaran gaji ke-13 yang tidak diperuntukan bagi semua tingkatan, atau hanya PNS golongan tertentu saja.
 
"Dalam pelaksanaannya, kami akan terus monitor terutama perubahan PP 35 dan PP 38 untuk disegerakan dan pelaksanaan di tiap kementerian/lembaga (K/L) dan (pemerintah) daerah akan dimonitor mulai Agustus nanti," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif