NEWSTICKER
Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin
Menteri Keuangan Sri Mulyani - - Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin

Sri Mulyani Siapkan Antivirus Tangkal Dampak Korona ke Ekonomi RI

Ekonomi Virus Korona sri mulyani ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 18 Februari 2020 21:55
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani tengah menyiapkan kebijakan yang dapat menangkal dampak virus korona terhadap ekonomi Indonesia. Kebijakan tersebut diharapkan dapat menjaga pertumbuhan ekonomi nasional dari perlambatan ekonomi dunia.
 
"Kita sedang kaji berbagai hal dalam rangka untuk meminimalkan dampak virus korona dan dampak perekonomian global, beberapa kajian ini sedang difinalkan," kata dia ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 18 Februari 2020.
 
Ia mengungkapkan diskon untuk sektor pariwisata yang terdampak langsung oleh penyebaran virus korona merupakan bagian dari antivirus yang disiapkan. Memang sektor pariwisata salah satu yang terpuruk atau mengalami tekanan akibat wabah mematikan itu.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti yang disampaikan Bapak Presiden kemarin mengenai masalah diskon terhadap wisatawan untuk daerah-daerah yang terkena dampak langsung karena wisatawan turun sangat drastis," jelas dia.
 
Selain itu, ia berharap Anggaran Pendapatan dan Belanja (APBN) bisa dimanfaatkan untuk menstimulasi perekonomian. Misalnya, mempercepat belanja pemerintah agar daya beli masyarakat terjaga.
 
"Langkah-langkah apa yang bisa dilakukan didalam UU APBN 2020 untuk bisa menstimulate. Dari sisi permintaan terutama konsumsi, bantuan sosial, dari sisi hal yang lain-lai kita lihat masih di bahas dalam pemerintahan ini," ungkap mantan direktur pelaksana bank dunia ini.

 
Jumlah korban tewas wabah virus korona baru Covid-19 kembali bertambah dan melewati 1.800 orang per hari ini, Selasa, 18 Februari 2020. Data terbaru ditambahkan usai otoritas Hubei melaporkan adanya 93 kematian terbaru.
 
Dalam keterangan terbaru, Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok juga mencatat ada 1.807 kasus terbaru virus korona COVID-19. Angka tersebut relatif lebih rendah bila dibanding Senin kemarin.
 
Tambahan kasus baru menempatkan total angkanya melampaui 72.300 di seantero Tiongkok. Sementara untuk pasien sembuh virus korona COVID-19, jumlahnya telah melewati 11 ribu.
 

(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif