Bank Dunia Setuju Memberi Pinjaman USD300 Juta untuk Indonesia
Ilustrasi (FOTO: Cairo Post)
Jakarta: Dewan Direktur Eksekutif Bank Dunia menyetujui pinjaman USD300 juta untuk meningkatkan prasarana dan layanan dasar yang relevan dengan pariwisata, memperkuat hubungan ekonomi lokal dengan pariwisata dan menarik investasi swasta di Indonesia.

"Sebanyak lebih dari 2,8 juta penduduk Indonesia akan mendapat manfaat dari jalan dan akses ke layanan dasar yang lebih baik dari pengembangan sektor pariwisata," kata Direktur Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste Rodrigo Chaves, seperti dikutip dari Antara, Sabtu, 2 Juni 2018.

Jika direncanakan dan dikelola dengan baik, lanjutnya, pariwisata dapat menghasilkan lapangan kerja yang besar dan melipatgandakan pendapatan bagi Indonesia. Infrastruktur dasar yang lebih baik dan belanja oleh para pengunjung dapat menghasilkan dampak ekonomi yang signifikan di daerah-daerah yang memiliki keterbatasan untuk pemerataan kemakmuran.

Ia menambahkan bantuan pembiayaan ini serta dukungan sumber daya untuk pengembangan sektor pariwisata yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dapat mendukung pembangunan infrastruktur terpadu di kawasan pariwisata nasional.



Investasi proyek pariwisata ini akan dimulai di tiga tujuan utama yaitu pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat, segitiga Borobudur-Yogyakarta-Prambanan di Jawa dan Danau Toba di Sumatera Utara.

Pengembangan kawasan di ketiga destinasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung tahunan menjadi 27,3 juta pada 2041 atau naik signifikan dari 15,3 juta pengunjung pada 2015. Selain itu, belanja wisatawan tahunan juga diperkirakan meningkat menjadi USD3,3 miliar pada 2041, dari sebelumnya sebesar USD1,2 miliar pada 2015.

Investasi swasta di bidang pariwisata juga diperkirakan meningkat lebih dari 13 kali lipat atau menjadi USD421 juta. Berbagai manfaat tambahan dari proyek ini termasuk peningkatan akses ke sumber air bersih, layanan pengumpulan limbah padat berkelanjutan, dan perbaikan sanitasi yang dapat menguntungkan lebih dari 2,8 juta orang.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id