OJK: Pertumbuhan Kredit tak Terhalang Kenaikan Suku Bunga

Suci Sedya Utami 22 Juni 2018 15:20 WIB
ojkperbankankreditsuku bunga
OJK: Pertumbuhan Kredit tak Terhalang Kenaikan Suku Bunga
Ketua DK-OJK Wimboh Santoso (Foto: MTVN/Eko Nordiansyah)
Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan kenaikan suku bunga Bank Indonesia (BI) tak menjadi penghalang bagi kredit perbankan untuk tumbuh tinggi. Pasalnya, permintaan terhadap kredit diperkirakan masih tetap tinggi.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan perbankan pun tidak akan langsung menaikkan bunga kredit setelah bank sentral menaikkan suku bunga acuan BI 7 days reverse repo rate. Dia bilang jika bunga dinaikkan sebesar 25 basis poin, belum tentu bunga kredit juga akan dinaikkan 25 basis poin.

"Suku bunga bukan halangan dan belum tentu juga suku bunga direspons cepat oleh kenaikan kredit, belum tentu responsnya satu lawan satu," kata Wimboh di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta Pusat, Jumat, 21 Juni 2018.

Otoritas masih memproyeksikan pertumbuhan kredit hingga akhir tahun di level 10-12 persen yang mana hingga pertengahan tahun atau sepanjang semester pertama diyakini tumbuh sekitar delapan hingga sembilan persen.

Wimboh mengatakan untuk mencapai angka tersebut ada beberapa upaya yang dilakukan yakni, dengan mendorong kredit perbankan untuk UMKM yang berorientasi ekspor terutama untuk empat sektor; perikanan nelayan, pariwisata, perkebunan dan pertambangan.

Di sisi lain, lanjut Wimboh kenaikan suku bunga juga tidak akan mengerek risiko kredit macet atau non-performing loan (NPL). Dia mengatakan NPL yang terjaga disebabkan kerena saat ini kegiatan ekonomi sedang tumbuh terutama ditopang oleh membaiknya harga komoditas yang membuat orang kembali berproduksi.

"NPL gradualnya turun terus menerus bisa sekitar 2,5 persen. Per Mei 2,6-2,7 persen lah. Outlooknya menurun NPL itu karena mereka restrukturiisasi dan ekonomi kan mulai menggeliat, harga batu bara sudah mulai meningkat," jelas dia.




(Des)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360