Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/ARYA MANGGALA)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (MI/ARYA MANGGALA)

Pertamina dan PLN Diminta Batasi Impor Bahan Baku

Ekonomi pertamina pln impor ekonomi indonesia
Eko Nordiansyah • 15 Agustus 2018 08:54
Jakarta: Pemerintah meminta kepada PT Pertamina (Persero) dan PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) untuk mengurangi impor bahan bakunya. Langkah ini merupakan upaya untuk menekan defisit transaksi berjalan (CAD) yang melebar sampai semester I.
 
"Jadi akan kita lihat apakah mereka bisa dipenuhi dalam negeri," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, ditemui di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2018.
 
Dirinya menambahkan selama ini Pertamina dan PLN menjadi dua BUMN yang memiliki impor bahan baku paling tinggi. Jika tak memungkinkan untuk melakukan subtitusi impor, Pertamina dan PLN diminta menunda proyek yang memiliki kebutuhan impor tinggi.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tidak hanya memenuhi TKDN yaitu komponen dalam negeri tapi juga melihat secara langsung berapa jumlah impor barang modal. Untuk proyek yang belum financial closing akan ditunda," jelas dia.
 
Selain meminta dua BUMN tadi melakukan pembatasan impor, pemerintah juga akan mengindetifikasi impor barang konsumsi untuk menekan CAD. Pasalanya banyak dari impor barang konsumsi yang sebenanrnya sudah bisa diproduksi oleh industri di dalam negeri.
 
Meski melakukan pembatasan impor, pemerintah akan melihat seperti apa kebutuhan barang impor tersebut. Pemerintah, lanjut dia, akan membatasi impor komoditas yang memiliki dampak terbatas terhadap pertumbuhan ekonomi.
 
"Kita harap CAD akan bisa dikendalikan. Kita akan cari komoditas yang multiplier-nya paling sedikit dari pertumbuhan, jadi meskipun impor ditekan tapi pertumbuhan ekonomi masih bisa dijaga," pungkasnya.
 

 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif