Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Medcom.id/Husen Miftahudin.

Sri Mulyani Ancam Tarik Transfer Dana ke Desa Fiktif

Ekonomi dana desa
Eko Nordiansyah • 14 November 2019 15:31
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati tak main-main soal dana desa yang ditransfer ke daerah. Apalagi baru-baru ini muncul kabar adanya desa-desa fiktif yang mendapatkan dana desa, yang keseluruhan alokasi anggarannya mencapai Rp70 triliun untuk tahun ini.
 
Di hadapan para kepala daerah, Sri Mulyani mengingatkan agar berhati-hati. Menurut dia, besarnya dana desa membuat banyak desa fiktif bermunculan. Oleh karena itu, Kementerian Keuangan akan merapikan data jumlah desa yang ada bersama dengan Kementerian Dalam Negeri.
 
"Kalau ada daerah yang ketahuan ada dana desa yang ternyata desanya tidak legitimate, ya kita bekukan. Kalau sudah terlanjur transfer ya kita ambil lagi," kata dia dalam Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa 2020 di Gedung DJP, Jakarta, Kamis, 14 November 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Mulyani menambahkan, pemerintah daerah harus bertanggung jawab jika ada desa fiktif yang mendapatkan dana desa. Meski sudah ada pengawasan berjenjang, namun para kepala daerah harus benar-benar bisa memastikan penggunaan dana yang ditransfer pemerintah pusat.
 
Bukan hanya dana desa, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga meminta kepada para kepala daerah mengawasi penggunaan dana kelurahan. Terlebih mulai tahun depan, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp3 triliun untuk 8.212 Kelurahan.
 
"Kita berharap para pimpinan daerah betul betul memiliki pengetahuan mengenai desa di dalam masing-masing. Dan ada dana kelurahan ya kan. Jadi sebetulnya lurah dan desa semua mendapatkan. Dan itu berarti pada level grass root ada dana yang ditransfer langsung," ungkapnya.
 
Hingga 30 September 2019, realisasi dana desa mencapai Rp42,2 triliun atau mencapai 62,9 persen.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif