Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Hafidz Mubarak A
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: Antara/ Hafidz Mubarak A

Gaji ke-13 Diharapkan Dorong Perekonomian

Ekonomi pns Sri Mulyani Pemulihan Ekonomi
Eko Nordiansyah • 21 Juli 2020 15:34
Jakarta: Pemerintah akan melakukan pembayaran gaji ke-13 bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan pada Agustus 2020. Penyaluran gaji ke-13 ini diharapkan mampu memberi dorongan terhadap perekonomian di tengah pandemi covid-19.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemberian gaji ke-13 bagi PNS dan pensiunan bisa digunakan sebagai stimulus dalam mendongrak konsumsi masyarakat. Sebab daya beli mengalami tekanan yang cukup dalam selama masa pandemi.
 
"Pemerintah menganggap bahwa pelaksanaan gaji ke-13 sama seperti THR bisa dilakukan untuk bisa menjadi bagian dari stimulus ekonomi," katanya dalam videoconferencedi Jakarta, Selasa, 21 Juli 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, mantan direktur pelaksana Bank Dunia ini berharap pembayaran gaji ke-13 akan mendukung kemampuan belanja masyarakat. Dengan demikian, konsumsi masyarakat bisa terdongkrak sehingga mempercepat upaya pemulihan ekonomi nasional.
 
"Terutama ini dikaitkan dengan tahun ajaran baru dan juga dalam kondisi covid, meningkatkan belanja yang dilakukan oleh PNS, TNI/Polri dan pensiunan, sehingga pembayaran gaji ke-13 dilaksanakan sebagai bagian dari stimulus perekonomian kita," ungkapnya.
 
Adapun pemerintah menyiapkan Rp28,5 triliun dengan rincian gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji bagi para PNS sebesar Rp6,73 triliun, pensiunan sebesar Rp7,86 triliun, dan pembayaran gaji ke-13 bagi pada PNS di daerah melalui APBD sebesar Rp13,89 triliun.
 
Meski demikian, kebijakan gaji ke-13 sama seperti Tunjangan Hari Raya (THR) pada Mei lalu. Artinya pembayaran gaji ke-13 hanya untuk PNS setingkat eselon III ke bawah, termasuk anggota TNI/Polri.

 
"Yaitu tidak diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon I, eselon II dan pejabat setingkat mereka. Namun gaji ke-13 diberikan kepada seluruh PNS, TNI/Polri yang berada tidak masuk dalam kategori tersebut," tukasnya.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif