Pegawai IT Libur, Laman Ditjen Pajak Masih Belum Kembali Normal
Illustrasi Ditjen Pajak (ANT/Arief Priyono).
Jakarta: Situs resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan hingga kini belum kembali normal sejak diretas oleh hacker berinisialkan anonymous arabe pada Minggu, 10 Juni 2018.

Kasubdit Humas Pajak DJP Ani Natalia Pinem mengatakan saat ini pihaknya masih menelusuri jalur yang digunakan hacker untuk meretas situs. Jalur tersebut nantinya akan diperkuat lagi agar tak terjadi peretasan kembali.

baca : Laman Resmi Ditjen Pajak Diretas

"Kita lagi mau memastikan lewat software mana, lewat malware mana supaya enggak masuk lagi," kata Ani pada Medcom.id, Selasa, 12 Juni 2018.

Selain itu, sebagian pegawai DJP terutama yang menangani IT system sedang cuti Idulfitri. Ani bilang kebanyakan dari mereka belum bisa dihubungi. Hal ini pula yang membuat upaya penanganan berlangsung lama.

Namun demikian dirinya memastikan seluruh database aman karena ada di jaringan dan fitur yang berbeda. Kedepannya, lanjut Ani, otoritas pajak tak akan menperpanjang jaringan yang kini digunakan dan akan mengganti dengan jaringan baru. Dirinya bilang hal ini sesuai dengan langkah reformasi perpajakan yang sedang dijalankan.

Adapun saat ini, jika membuka situs DJP yang beralamatkan di https://pajak.go.id maka sistem akan langsung menyambungkan ke https://djponline.pajak.go.id/account/login.

"Meski situs diretas, namun untuk tetap melayani wajib pajak yang mau mengakses e-billing dan lainnya maka langsung diarahkan ke DJP online," jelas dia.



 



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id