2018, Bank Dunia Proyeksi Ekonomi Indonesia Hanya Tumbuh 5,2%
Ilustrasi (FOTO: Cairo Post)
Jakarta: Bank Dunia atau World Bank memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya akan mencapai 5,2 persen atau lebih rendah dari proyeksi sebelumnya sebesar 5,3 persen di 2018. Penurunan proyeksi ini disebabkan oleh meningkatnya risiko meski perekonomian diperkirakan tetap positif.

Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo A Chaves mengatakan penurunan proyeksi ini seiring dengan perkiraan perekonomian global yang melambat dan arus perdagangan yang menurun dari level tertingginya baru-baru ini.

"Konsumsi swasta diperkirakan akan sedikit meningkat, sementara pertumbuhan investasi diproyeksikan tetap tinggi mengingat tingginya harga komoditas yang terus berlanjut," kata dia, di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), SCBD, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Namun, mengingat sifat investasi uang sarat impor, ekspor bersih akan terus membebani pertumbuhan ekonomi oleh karena pertumbuhan ekspor melambat sejalan dengan menurunnya perdagangan global. Bahkan, lanjutnya, risiko dari sisi volatilitas pasar keuangan juga meningkat.



"Risiko terhadap perkiraan perekonomian cenderung menurun di tengah kondisi moneter yang terus mengetat dan timbulnya volatilitas keuangan yang berpusat di negara-negara berkembang yang lebih rentan, seperti Argentina, dan Turki," jelas dia.

Sementara itu, Bank Dunia menilai perekonomian Indonesia terus tumbuh dengan cepat di kuartal I-2018 terdorong oleh investasi yang tinggi. Ekonomi Indonesia tumbuh 5,1 persen di kuartal I-2018, lebih rendah dari kuartal IV-2017 yang 5,2 persen tapi lebih tinggi dari kuartal I-2017 yang hanya tumbuh 5,01 persen.

"Harga komoditas global yang lebih tinggi memacu investasi yang lebih tinggi, terutama investasi permesinan, peralatan, dan kendaraan bermotor. Akibatnya pembentukan modal tetap bruto tumbuh 7,9 persen, yang tercepat dalam lebih dari lima tahun ini," pungkasnya.

 



(ABD)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id