Ilustrasi. Foto: Grafis Medcom.id
Ilustrasi. Foto: Grafis Medcom.id

Kunci Menghadapi Resesi: Jangan Boros, Rajin Menabung

Ekonomi Pertumbuhan Ekonomi Ekonomi Indonesia virus corona
Eko Nordiansyah • 23 September 2020 10:46
Jakarta: Peluang Indonesia untuk mengalami resesi ekonomi pada kuartal III-2020 semakin mendekati kenyataan. Pasalnya setelah terjadi kontraksi sebesar minus 5,32 persen di kuartal II, ekonomi diprediksi akan kembali tumbuh negatif di kuartal III ini.
 
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi akan terkontraksi antara minus 2,9 persen sampai minus satu persen di kuartal III-2020. Proyeksi ini lebih dalam dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya yang hanya minus 2,1 persen.
 
Lalu apa yang bisa dilakukan masyarakat dalam menghadapi situasi resesi yang akan datang?

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ekonom CORE Indonesia Piter Abdullah menyebut masyarakat tak perlu khawatir dengan akan terjadinya resesi. Menurutnya, masyarakat berpenghasilan menengah harus bisa mengatur pengeluarannya secara cermat.
 
"Kita jalani kehidupan kita seperti biasa saja, tidak perlu panik. Kalau kita berpenghasilan pas-pasan, ya jangan boros, menabung untuk berjaga-jaga," kata dia kepada Medcom.id, Rabu, 23 September 2020.
 
Piter menambahkan, resesi hanya 'stempel' karena kondisi yang pelemahan ekonomi sudah dirasakan sejak enam bulan terakhir. Oleh karena itu, ia menyebut, tak akan ada perbedaan signifikan ketika Indonesia resmi diumumkan masuk resesi.
 
"Artinya apa yang kita jalani sama saja. Memang dengan adanya pengetatan PSBB indikator ekonomi yang sudah sempat ada perbaikan akan kembali menurun. Kita berharap titik terendah tetap di kuartal II yang lalu," ungkapnya.
 
Lebih lanjut, Piter berharap, masyarakat bisa lebih patuh terhadap protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Pasalnya pelemahan ekonomi saat ini disebabkan oleh masalah kesehatan, sehingga pemulihan kesehatan tetap menjadi yang utama.
 
"Yang harus diutamakan adalah bagaimana menjaga kesehatan, mencegah penyebaran wabah. Ini harus kita lakukan bersama," pungkasnya.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif