Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Ilustrasi. Foto: Antara/Sigid Kurniawan

Gaji ke-13 yang Sudah Cair Sebesar Rp13,57 Triliun

Ekonomi pns Kementerian Keuangan
Eko Nordiansyah • 10 Agustus 2020 16:26
Jakarta: Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyebut sebanyak Rp13,57 triliun dari anggaran untuk gaji ke-13 sudah dicairkan hingga siang ini. Pencairan ini untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS), anggota TNI/Polri, termasuk juga para pensiunan.
 
"Realisasi gaji ke-13 per pukul 12.00 WIB sebesar Rp5,47 triliun untuk PNS, dan untuk pensiunan Rp8,1 triliun sehingga totalnya Rp13,57 triliun," kata Direktur Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Andin Hadiyanto dalam video conference di Jakarta, Senin, 10 Agustus 2020.
 
Ketentuan mengenai gaji ke-13 diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020. PP ini sudah diterbitkan sejak 7 Agustus 2020 lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tahun ini anggaran untuk gaji ke-13 sebesar Rp28,82 triliun. Ini terdiri dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Rp14,83 triliun untuk pegawai aktif Rp6,94 triliun dan pensiunan Rp7,88 triliun, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Rp13,99 triliun.
 
"Jadi sudah hampir terselesaikan semuanya kalau yang pusat ya. Hampir 100 persen. Kalau yang lain kan masih sisanya di daerah itu, tergantung Perkadanya kan," jelas Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
 
Adapun gaji ke-13 diberikan kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pegawai non-PNS yang bekerja pada instansi pemerintah dan hakim pada lembaga peradilan. Termasuk di dalamnya adalah para eselon I dan II yang sebelumnya tidak mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR).
 
Selain itu, para pensiunan dan tunjangan bersifat pensiun (veteran) juga menerima tunjangan ke-13. Meski begitu, Sri Mulyani menegaskan pejabat negara tetap tidak mendapatkan gaji ke-13 sebagaimana ketentuan pemberian THR yang sudah ada sebelumnya.
 
"Jadi dalam hal ini pejabat negara tetap tidak diberikan gaji ke-13 sama seperti waktu THR. Pejabat negara setara dengan menteri, anggota DPR, seluruh pejabat tinggi negara, presiden dan seluruh kabinet tidak mendapatkan gaji yang ke-13 ini," ungkap dia.

 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif