Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok MI
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - - Foto: dok MI

Tahun Depan, Sri Mulyani Alokasikan Rp30 Triliun untuk Ibu Kota Baru

Eko Nordiansyah • 14 April 2022 17:54
Jakarta: Pemerintah akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp27 triliun hingga Rp30 triliun untuk pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Anggaran ini masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023.
 
"Di dalam APBN tahun depan sudah mencadangkan untuk belanja pembangunan untuk ibu kota negara baru, yaitu antara Rp27 triliun hingga Rp30 triliun," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam video conference, Kamis, 14 April 2022.
 
Ia menjelaskan, alokasi anggaran ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur dasar dan gedung pemerintahan. Anggaran juga dialokasikan untuk membangun konektivitas di bawah Kementerian Perhubungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dan untuk membangun awal di bidang pendidikan seperti sarana sekolah dan kesehatan. Ini juga untuk mendukung belanja sarana prasarana di bidang ketahanan dan juga di bidang keamanan," ungkap dia.
 
Adapun alokasi anggaran ibu kota Nusantara masuk ke dalam belanja infrastruktur APBN 2023 yang mencapai Rp367 triliun - Rp402 triliun. Menurut Sri Mulyani, anggaran infrastruktur tersebut cukup besar dalam mendukung program yang ada.
 
Belanja infrastruktur ini akan digunakan untuk menyelesaikan berbagai program-program penting seperti perumahan, air minum, pengolahan air limbah, pipa transmisi gas dari Cirebon-Semarang, serta jaringan irigasi.
 
"Selain infrastruktur konektivitas seperti jalan, jembatan, kereta api, dan bandara, serta infrastruktur di bidang teknologi informasi seperti satelit dan BTS," pungkas dia.

 
(Des)


LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif