Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO
Komplek Kantor Bank Indonesia, Jakarta. FOTO: MI/ROMMY PUJIANTO

BI Diperkirakan Pertahankan Suku Bunga Acuan

Ekonomi bank indonesia suku bunga
Nia Deviyana • 20 Januari 2020 16:36
Jakarta: Internal pasar saat ini cenderung hati-hati sambil menanti Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang dilaksanakan 22-23 Januari 2020.
 
Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan ada proyeksi BI kembali memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 4,75 persen.
 
Namun, sebagian besar pengamat berpendapat bank sentral masih akan tetap mempertahankan suku bunga acuan di level lima persen akibat penguatan rupiah beberapa pekan ini. Ibrahim merujuk survei Bloomberg, yang menunjukkan 25 dari 29 ekonom percaya BI tetap mempertahankan suku bunga acuan di level lima persen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sedangkan empat ekonom lainnya memperkirakan ada pemangkasan," ujar Ibrahim berdasarkan analisis hariannya yang dikutip Medcom.id, Senin, 20 Januari 2020.
 
Dalam perdagangan Selasa, 21 Januari 2020, mata uang Garuda diprediksi menguat tipis pada pembukaan perdagangan di level Rp13.620-Rp13.660 per USD.
 
Selain rupiah yang terus melanjutkan penguatan, pasar merespons rilis data pertumbuhan ekonomi yang kuat setelah Tiongkok melaporkan pertumbuhan produk domestik bruto (pdb) sebesar enam persen pada kuartal keempat.
 
Sementara itu, senat AS akan memakzulkan Presiden Donald Trump. Namun begitu, Trump dinilai begitu percaya diri bahwa dirinya akan bebas dari pemakzulan. Di sisi lain, penandatanganan perjanjian dagang fase satu antara AS-Tiongkok memberikan sentimen positif bagi perekonomian global tahun ini.
 

(DEV)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif