Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. MI/Susanto.
Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. MI/Susanto.

Aturan Pemisahan Ditjen Pajak dari Kemenkeu Dipercepat

Ekonomi kementerian keuangan ditjen pajak
Nia Deviyana • 26 Maret 2019 15:52
Jakarta: Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya sedang memprioritaskan pembahasan terkait pemisahan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) sebagai badan tersendiri yang mengelola keuangan negara. Selama ini, DJP merupakan institusi di bawah Kementrian Keuangan.
 
Bamsoet menuturkan hal ini merupakan janji kampanye Presiden Jojo Widodo pada 2014, dan menjadi tanggung jawab DPR untuk membahasnya bersama pihak terkait sebelum masa jabatan berakhir.
 
"Ini sedang kita bahas di DPR karena ada pasal-pasal yang mengatur pemisahan Direktorat Jenderal Pajak menjadi badan penerimaan negara," ujar Bamsoet, sapaannya usai mengisi diskusi di ITS Tower Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa, 26 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bamsoet menjelaskan bahwa pembahasanya telah masuk dalam prioritas revisi undang-undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Dengan dibentuknya DJP sebagai badan tersendiri, Bamsoet berharap jumlah pengemplang pajak berkurang sehingga penerimaan negara menjadi bertambah.
 
"Impian kami dengan pemisahan DJP menjadi badan negara dapat mendorong penerimaan negara menjadi lebih besar dan efisien, sekaligus punya kontrol seperti OJK dan BI," tambah dia.
 
Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penerimaan negara sampai 28 Februari 2019 mencapai Rp217,2 triliun atau 10 persen dari target sebesar Rp2.165,1 triliun. Realisasi penerimaan negara mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp200,7 triliun.
 
Dari jumlah tersebut, pendapatan negara dari penerimaan perpajakan sebesar Rp177,2 triliun atau 9,09 persen dari target dalam APBN 2019. Realisasi penerimaan perpajakan tumbuh 10 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar Rp161,2 triliun.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif