Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)
Ilustrasi (Foto: Media Indonesia)

Gaji ke-13 PNS hingga Pensiunan Cair Juni

Ekonomi pns tunjangan hari raya pendaftaran cpns seleksi cpns
Eko Nordiansyah • 10 Mei 2019 14:27
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit Tentara Nasional Indonesia, Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.
 
Dilansir Medcom.id, Jumat, 10 Mei 2019, gaji ke-13 akan dicairkan pada Juni 2019 sebagaimana diatur dalam PP Nomor 35 Tahun 2019. Adapun besaran gaji ke-13 akan diberikan sebesar penghasilan pada Juni.
 
"Dalam hal penghasilan pada Juni belum dibayarkan sebesar penghasilan yang seharusnya diterima karena berubahnya penghasilan, kepada yang bersangkutan tetap diberikan selisih kekurangan penghasilan ke-13," bunyi pasal 3 ayat 2 PP tersebut.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penghasilan sebagaimana dimaksud diberikan bagi PNS, Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pejabat Negara paling sedikit meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan paling banyak meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan atau tunjangan umum, dan tunjangan kinerja.
 
Sementara gaji ke-13 bagi penerima pensiun meliputi pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan/atau tunjangan tambahan penghasilan. Sedangkan penerima tunjangan menerima tunjangan sesuai peraturan perundang-undangan.
 
"Peraturan Pemerintah ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orarng mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Pemerintah ini dengan penempatannya dalam Lembaran Negara Republik Indonesia," tutup PP yang ditandatangani 6 Mei lalu.
 

(ABD)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif