Investasi  (Metrotvnews.com).
Investasi (Metrotvnews.com).

Pemerintah Ajak Investor Lokal Kuasai SBN

Ekonomi surat berharga negara
Nia Deviyana • 11 Desember 2018 20:55
Jakarta: Direktorat Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mengajak investor lokal untuk menguasai pasar instrumen Surat Berharga Negara (SBN) pada tahun depan.

"Seharusnya investor lokal yang setia terhadap SBN, karena kita mengenal negara kita, kita yang mengenal dana-dana yang dikeluarkan APBN untuk apa saja, kita mengenal daerah mana yang memerlukan pembiayaan pemerintah, sehingga kita juga yang seharusnya berperan penting dalam pembiayaan APBN," ujar Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kementerian Keuangan Loto Srinaita Ginting di Gedung Bursa Efek Indonesia, Selasa, 11 Desember 2018.

Loto memaparkan, DJPPR akan meningkatkan jumlah penerbitan instrumen SBN ritel menjadi 10 persen, dari tahun ini yang hanya lima persen. Adapun kebutuhan bruto penerbitan SBN pada tahun depan akan mencapai Rp825,7 triliun, di mana sebesar Rp661 triliun akan dipenuhi dari emisi SBN domestik dan Rp165 triliun dari SBN valas.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Untuk SBN domestik, kata Loto, sebesar 74-76 persen akan dipenuhi dari 48 kali lelang yang terdiri dari 24 kali lelang SUN dan 24 kali lelang Sukuk Negara. Sementara 9-10 persen berasal dari non lelang. Pada SBN domestik, penerbitan di semester pertama diproyeksikan mencapai 52 persen. Pada kesempatan yang sama, Loto mengatakan ketidakpastian ekonomi sedikit banyak akan memberi pengaruh pada pembelian SBN oleh investor. Belum lagi kondisi internal dalam.negeri yang bertepatan dengan tahun politik.

"Di dalam negeri ada pergeseran nilai tukar yang berkaitan dengan outlook dari CAD kita, kemudian seberapa bisa kita melewati tahun politik dengan damai dan aman," pungkasnya.


(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi